KEHIDUPAN SOSIAL KELUARGA YANG DI TINGGAL BEKERJA KE LUAR NEGERI SEBAGAI TKW DI DESA DONOMULYO KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG

MAHARDIKA, DADIN (2006) KEHIDUPAN SOSIAL KELUARGA YANG DI TINGGAL BEKERJA KE LUAR NEGERI SEBAGAI TKW DI DESA DONOMULYO KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KEHIDUPAN_SOSIAL_KELUARGA_YANG_DI_TINGGALBEKERJA_KE_LUAR.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran yang terjadi di negara kita baik yang terdidik maupun yang tidak terdidik ditambah dengan kasus-kasus putus hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan-perusahaan yang pailit akibat krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia, menyebabkan banyak calon tenaga kerja baik laki-laki maupun wanita memutuskan mengisi kesempatan kerja diluar negeri sebagai pekerja kasar. Fenomena ini mengisi kesempatan kerja di luar negeri bagi pencari kerja sangat dimaklumi, karena tidak mungkin pemerintah Indonesia mampu menyediakan lapangan kerja bagi seluruh pencari kerja yang ada, baik dari Instansi pemerintah maupun swasta. Adapun permasalahan yang menjadi obyek pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kehidupan sosial keluarga setelah Ibu/istri bekerja di luar negeri (2) Bagaimana penilaian keluarga terhadap pekerjaan Ibu/istri di luar negeri (3) Bagaimana penilaian masyarakat terhadap pekerjaan Ibu/istri di luar negeri. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memproleh diskripsi tentang kehidupan sosial keluarga setelah Ibu/istri bekerja di luar negeri dan penilaian keluarga terhadap pekerjaan Ibu/istri di luar negeri, serta penilaian masyarakat terhadap pekerjaan Ibu/istri di luar negeri. Dalam penelitian ini pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi partisipatif, angket dan dokumentasi. sedangkan dalam menganalisa data digunakan mixing methode penggabungan diskriptif kualitatif dengan diskriptif kuantitatif. Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan tehnik Quote sampling, yaitu dengan mengambil sebagian kecil yaitu (50) keluarga yang ditinggal bekerja ke luar negeri sebagai TKW dari seluruh jumlah populasi yang ada yaitu sekitar (50) orang. Dan mengambil sebagian kecil masyarakat Donomulyo yang berjumlah (50) orang dari jumlah keseluruhan 13.337 orang Dari hasil penelitian ini yaitu (1) Kehidupan para keluarga TKW yang ditinggal bekerja diluar negeri pada umumnya berjalan normal seperti keluarga lainnya. Mereka berkecukupan dan bisa dibilang kesejahteraan ekonominya menjadi lebih baik. Untuk kehidupan sosial, mereka tidak berbeda dengan sebelum ibu/anaknya menjadi seorang TKW. (2) Para keluarga TKW sadar bahwa seorang ibu/anak yang bekerja diluar negeri adalah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan kesejahteraan bagi keluarganya dan tidak merasa malu bila ibu/anaknya menjadi TKW karena itu semua dilakukan demi memenuhi kebutuhan keluarga yang kekurangan. Tetapi menjadi TKW tidak selalu menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan keluarga. (3) Masyarakat sekitar dalam menilai TKW dan keluarganya pada umumnya bersifat mendukung dan tidak merasa malu mempunyai tetangga yang menjadi TKW, bahkan ada sebagian masyarakat yang ingin anggota keluarganya menjadi TKW.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Civic Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jul 2012 03:09
Last Modified: 19 Jul 2012 03:09
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12483

Actions (login required)

View Item View Item