PERANCANGAN TURBIN GAS DAN BLOWER PADA TURBO CHARGER UNTUK MOTOR BENSIN 1500 CC

Santoso, Ibrahim (2006) PERANCANGAN TURBIN GAS DAN BLOWER PADA TURBO CHARGER UNTUK MOTOR BENSIN 1500 CC. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERANCANGAN_TURBIN_GAS_DAN_BLOWERPADA_TURBOCHARGER_UNTUKMOTOR_BENSIN_1500_CC.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Sekarang ini pertumbuhan bidang transportasi sangatlah pesat, terutama bidang otomotif. Meskipun krisis ekonomi yang melanda asia tenggara sangat kuat, tetapi daya beli masyarakat terhadap kendaraan tetap cukup baik malah cenderung meningkat. Yang menjadi permasalahan adalah naiknya harga BBM yang mengakibatkan masyarakat harus berhemat dalam penggunaan bahan bakar.Untuk kendaraan, mobil khususnya, adalah yang termasuk mengkonsumsi bahan bakar cukup banyak. Tentunya sedikit banyak akan mempengaruhi keuangan penggunanya terlebih jika digunakan untuk jarak tempuh yang cukup jauh. Maka perlu dipikirkan adanya suatu usaha untuk menefisiensikan kerja mesin semaksimal mungkin dengan penggunaan konsumsi bahan bakar sehemat mungkin. Akan tetapi akan sulit untuk kendaraan berkapasitas mesin besar ( lebih dari 1000 cc ). Karenanya, agar kendaraan tersebut tetap dapat dipergunakan dengan seefektif mungkin, salah satunya adalah dengan menggunakan Turbo Charger. Turbo Charger adalah sebuah alat tambahan yang memanfaatkan gas buang yang keluar dari exhaust manifol untuk menggerakkan sebuah turbin gas yang seporos dengan blower. Blower tersebut akan akan mengkompresikan udara yang masuk ke ruang bakar sehingga tekanannya naik dan diharapkan akan memaksimalkan pembakaran. Turbo Charger yang dirancang penulis dipergunakan untuk motor bensin sekelas sedan 1500 cc yang pada umumnya dipergunakkan masyarakat kalangan menengah dan juga sebagai sarana transportasi umum ( taksi ). Keunggulannya adalah dapat meningkatkan daya efektif mesin mencapai 42 % dan mengurangi konsumsi bahan bakar spesifik 6 %, juga tidak perlu mengubah dimensi dari mesin yang ada. Diharapkan, perancangan ini dapat menjadi salah satu pemecahan untuk pengguna sedan 1500 cc atau yang sekelas dalam menghenat BBM tanpa mengurangi tenaga dari mesin itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jul 2012 03:04
Last Modified: 19 Jul 2012 03:04
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item