ANALISIS SELISIH BIAYA OVER HEAD PABRIK GUNA PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PABRIK GONDORUKEM DAN TERPENTIN (PGT) GARAHAN- JEMBER (Di bawah pengawasan Perum Perhutani KPH Jember)

Kusumawardani, Rosmita (2006) ANALISIS SELISIH BIAYA OVER HEAD PABRIK GUNA PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PABRIK GONDORUKEM DAN TERPENTIN (PGT) GARAHAN- JEMBER (Di bawah pengawasan Perum Perhutani KPH Jember). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
a.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Pabrik Gondorukem dan Terpentin Garahan – Jember dengan judul “ Analisis Selisih Biaya Overhead Pabrik Guna Pengendalian Biaya Produksi Pada Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT) Garahan – Jember (Di bawah pengawasan Perum Perhutani KPH Jember) “ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian biaya produksi melalui biaya overhead pabrik. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian dengan menggunakan analisis empat selisih, untuk mengetahui apakah biaya overhead pabrik dapat digunakan dalam mengendalikan biaya produksi Dari hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa biaya overhead pabrik dapat digunakan dalam pengendalian biaya produksi. Dari analisis selisih bisa diketahui biaya pemeliharaan dan reparasi yang harus dikendalikan agar biaya produksi yang terjadi tidak melebihi anggaran. Dalam pemisahan biaya dapat dilihat bahwa biaya listrik masih dapat dikendalikan. Biaya sesungguhnya yang terjadi masih lebih kecil dari biaya yang sudah dianggarkan. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa biaya produksi dapat terkendali melalui biaya overhead pabrik sehingga tujuan penelitian ini dapat terjawab yaitu bahwa biaya overhead pabrik dapat digunakan sebagai pengendalian biaya produksi pada PGT Garahan Jember.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jul 2012 01:57
Last Modified: 19 Jul 2012 01:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12451

Actions (login required)

View Item View Item