PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan yang Melakukan IPO di BEJ pada Tahun 2001-2004)

Kurniawan Bakti, Setia (2006) PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan yang Melakukan IPO di BEJ pada Tahun 2001-2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_VARIABEL.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan study pada pasar modal khususnya pada harga saham perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO. Penelitian berjudul “PENGARUH VARIABEL-VARIABEL KEUANGAN DAN SIGNALING TERHADAP PENENTUAN HARGA PASAR SAHAM” (Studi empiris pada perusahaan yang melakukan IPO di BEJ pada tahun 2001-2004) bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Variabel keuangan (EPS, Proceed, dan Indeks saham Industri) dan variabel Signaling (kualitas Underwriter, Proceed untuk Investasi, ROA Financial Leverage dan umur perusahaan) terhadap penentuan harga pasar saham di pasar skunder pada hari pertama hingga hari ketujuh perdagangan. Dalam penelitian ini, penulis mengambil hipotesis, hipotesis alternative(Hi) yaitu “Variabel-variabel Keuangan dan Signaling baik secara bersama-sama maupun secara individu berpengaruh signifikan dalam menentukan harga pasar saham perusahaan yang melakukan IPO”. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F dan uji t. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa koefisien determinasi (R2) terendah sebesar 36,6%(pada hari keempat) dan tertinggi sebesar57,5% (pada hari pertama), berarti behwa perubahan variabel keuangan dan variabel signaling mampu menjelaskan perubahan harga saham sebesar 36,6%-57,5%. Artinya perubahan harga saham dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak termasuk dalam model sekitar 60%-nya. Hasil dari uji F diperoleh F hitung pada taraf signifikansi 5% (α=5%) hari pertama dan hari kedua sebesar 4,565 dan 2,436 lebih besar dari F tabel (2,27), sedangkan hari ketiga sampai dengan hari ketujuh berkisar antara 1,95 hingga 2,099 yang mana lebih kecil dari F tabel yang berarti Hi ditolak, dan variabel keuangan dan signaling secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham. Hasil Uji t untuk variabel Proceed diperoleh t hitung pada hari pertama hingga hari ketujuh terendah 2,592 dan tertinggi 2,969 yang mana lebih besar dari t tabel (2,000) sedangkan variabel EPS, Indeks saham Industri, kualitas underwriter, ROA, Financial leverage, Proceed untuk investasi dan umur perusahaan mempunyai nilai t hitung dibawah t tabel (2,000). Hasil tersebut menunjukan bahwa secara individu hipotesis (Hi) diterima, dimana variabel Proceed mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham pada hari pertama hingga hari ketujuh perdagangan. Dari kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya investor tidak perlu ragu-ragu dalam mengambil keputusan dalam berinvestasi berdasarkan informasi keuangan maupun non keuangan pada prospektus penawaran saham. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan pula dapat mempertimbangkan informasi lainnya selain variabel-variabel yang diteliti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jul 2012 00:55
Last Modified: 19 Jul 2012 00:55
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item