“UPAYA HUMAS PT. ARAYA BUMI MEGAH DALAMMEMBENTUK CITRA PERUSAHAAN MELALUI ARAYA NEWSSEBAGAI MEDIA ORGANISASI”(Studi pada Humas PT. Araya Bumi Megah dan Warga Perumahan Araya RT. 05 RW. 11 Malang)

Kurniawan, Rinjana (2006) “UPAYA HUMAS PT. ARAYA BUMI MEGAH DALAMMEMBENTUK CITRA PERUSAHAAN MELALUI ARAYA NEWSSEBAGAI MEDIA ORGANISASI”(Studi pada Humas PT. Araya Bumi Megah dan Warga Perumahan Araya RT. 05 RW. 11 Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_HUMAS_PT.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Keywords: Humas, Citra Perusahaan, Media Organisasi Sebagai suatu kegiatan komunikasi, penerbitan media organisasi dimaksudkan untuk memenuhi kepentingan perusahaan dan pihak luar sebagai khalayak pembaca. PT. Araya Bumi Megah memiliki warga yang sekaligus merupakan pelanggan mereka. Hubungan antara PT. Araya Bumi Megah dan warga dapat dibina melalui media organisasi sebagai media yang tepat dalam menjaga hubungan baik dengan warga yang dapat menumbuhkan saling pengertian antara perusahan dan publik, sekaligus berguna bagi kepentingan pembentukan citra perusahaan. Oleh karena itulah peneliti memilih judul : “Upaya Humas PT. Araya Bumi Megah Dalam Membentuk Citra Perusahaan Melalui Araya News Sebagai Media Organisasi” (Studi pada Humas PT. Araya Bumi Megah dan Warga Perumahan Araya RT. 05 RW. 11 Malang), sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya humas PT. Araya Bumi Megah dalam membentuk citra perusahaan melalui Media Organisasi dan bagaimana tanggapan warga Perumahan Araya RT. 05 RW. 11 terhadap citra PT. Araya Bumi Megah melalui Media Organisasi yaitu Araya News, sebagai klarifikasi data. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya humas PT. Araya Bumi Megah dalam membentuk citra perusahaan melalui Media Organisasi dan untuk mengetahui tanggapan warga Perumahan Araya RT. 05 RW. 11 terhadap citra PT. Araya Bumi Megah melalui Media Organisasi yaitu Araya News, sebagai klarifikasi data. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada humas PT. Araya Bumi Megah yang diwakili oleh kepala humas perusahaan tersebut, dan warga perumahan Araya Malang RT.05 RW.11. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Februari-Maret 2006. Adapun informan dalam penelitian ini adalah : Prima, pihak Humas PT. Araya Bumi Megah sebagai sumber informasi mengenai upaya pembentukan citra perusahaan melalui media organisasi yaitu Araya News, dan 14 orang warga perumahan Araya RT. 05 RW.11 sebagai klarifikasi data yang ditentukan melalui purposive sampling. Adapun kriteria warga adalah sebagai berikut : telah bermukim di perumahan Araya lebih dari dua tahun, elah membaca Araya News sekurang-kurangnya sebanyak dua kali, bermukim di RT. 05 RW.11 perumahan Araya, berusia dewasa, pendidikan minimal SMU. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur dengan pola terbuka, pembagian kuisioner kepada warga serta dokumentasi. Sistematika penulisan sajian dan analisa data dalam penelitian ini dibuat berdasarkan point per point dari Guide Interview yang ada. Point-point pertanyaan yang diajukan kepada kepala humas berkesesuaian dengan pertanyaan yang diberikan kepada informan, sehingga dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada kepala humas tersebut dapat disusun menjadi point-point sebagai berikut : Keberadaan Humas di PT. Araya Bumi Megah, Keberadaan Araya News bagi PT. Araya Bumi Megah dan Warga Perumahan Araya, Periode Penerbitan Araya News, Kelebihan dan Keunggulan Araya News bagi Upaya Humas dalam Membentuk Citra Perusahaan, Konsep Penyajian Informasi dan Desain pada Araya News sebagai Upaya Humas dalam Membentuk Citra Perusahaan, Rubrik Tulisan Pembaca pada Araya News, Citra PT. Araya Bumi Megah Melalui Araya News. Berdasarkan Analisa data dan pembahasan yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa humas PT. Araya Bumi Megah telah berupaya membentuk citra perusahaan melalui Araya News. Humas berfungsi sebagai technical communication system yang menentukan apa saja materi informasi yang akan dimuat di Araya News dan bagaimana informasi tersebut dikemas serta disampaikan sehingga dapat mewujudkan citra perusahaan yang ingin dibentuk. Selain itu, berdasarkan klarifikasi data yang didapatkan dari warga RT.05 RW.11 tentang citra PT. Araya Bumi Megah melalui Araya News, warga memiliki tanggapan positif, dan yang paling dominan menurut warga adalah terbentuk melalui kualitas gambar dan desain Araya News. Adapun saran dalam penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan pola-pola penelitian sejenis yang berhubungan dengan proporsisi tentatif yang telah peneliti sebutkan, agar menghasilkan suatu informasi yang lebih lengkap dan akurat. Selain itu hendaknya kualitas gambar dan desain Araya News lebih ditingkatkan untuk dapat meningkatkan citra positif perusahaan yang telah terbentuk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jul 2012 00:52
Last Modified: 19 Jul 2012 00:52
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item