PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT PENGHITUNG DENYUT NADI MENGGUNAKAN SENSOR CAHAYA DAN BERBASIS MC AT89S51 DAN ISD SEBAGAI TAMPILAN SUARA

Kurniawan, Didik (2006) PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT PENGHITUNG DENYUT NADI MENGGUNAKAN SENSOR CAHAYA DAN BERBASIS MC AT89S51 DAN ISD SEBAGAI TAMPILAN SUARA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_DAN_PEMBUATAN_ALAT_PENGHITUNG.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Alat penghitung denyut nadi manusia merupakan alat digital yang digunakan untuk menghitung jumlah denyut nadi manusia dalam 1 menit, karena jumlah dan irama denyut nadi manusia dapat digunakan untuk mengetahui kondisi tubuh manusia. Dalam penghitungan denyut nadi biasanya dilakukan secara manual dan tidak praktis yaitu dengan cara memegang denyut nadi pada pergelangan manusia. Dalam skripsi ini berusaha merancang alat penghitung denyut nadi secara praktis dengan pendeteksian pada ujung jari, sehingga dapat mengetahui jumlah denyut nadi tiap menitnya yang kemudian ditampilkan dalam bentuk suara. Denyut nadi pada ujung jari dideteksi dengan LDR,yang kemudian keluarannya dikuatkan oleh OP AMP dan dilanjutkan ke rangkaian komparator. Sehingga keluaran dari komparator berupa pulsa yang dibaca oleh Mikrokontroler yang kemudian ditampilkan oleh LCD dan dalam bentuk suara oleh ISD. Hasil dari alat ini menunjukkan jumlah denyut nadi istirahat rata-rata 80 – 90, sedangkan orang beraktivitas antara 91 – 120. Sehingga dengan jumlah denyut nadi juga dapat mengetahui kondisi kesehatan seseorang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jul 2012 00:32
Last Modified: 19 Jul 2012 00:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item