MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN PT. PABRIK TEKSTIL KASRIE PANDAAN

Sari, Nur Aini Fittriya (2006) MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN PT. PABRIK TEKSTIL KASRIE PANDAAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN PT. PABRIK TEKSTIL KASRIE PANDAAN.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah study kasus dengan judul “Mengukur Kinerja Perusahaan PT Paberik Tekstil Kasrie Pandaan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja perusahaan PT Paberik Tekstil Kasrie Pandaan sehat dalam perspektifnya yakni perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal, dan proses belajar dan berkembang. Hipotesis dari penelitian ini adalah apakah kinerja perusahaan PT Paberik Tekstil Kasrie Pandaan dalam perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal, dan proses belajar dan berkembang menunjukkan sehat. Analisis data dan hasil penelitian dalam perspektif keuangan. Pertama, return on investment pada tahun 2003 sebesar 8,76 %, tahun 2004 sebesar 9,87 %, dan tahun 2005 sebesar 10,41 %. Kedua, profit margin on sales pada tahun 2003 sebesar 17,06 %, tahun 2004 sebesar 17,45 %, dan tahun 2005 sebesar 18,93 %. Ketiga, operating margin ratio pada tahun 2003 sebesar 20,35 %, tahun 2004 sebesar 22,18 %, dan tahun 2005 sebesar 24,33 %. Analisis data dan hasil penelitian dalam perspektif pelanggan. Pertama, customer retention pada tahun 2003 sebesar 8,73 %, tahun 2004 sebesar 9,05 % dan tahun 2005 sebesar 9,13 %. Kedua, number of new customer pada tahun 2003 sebesar 12%, tahun 2004 sebesar 16,66 %, dan tahun 2005 sebesar 19,71 %. Ketiga, on time delivery tahun 2003 sebesar 96,03 %, tahun 2004 sebesar 97,82 %, dan tahun 2005 sebesar 99,35 %. Keempat, number of complain tahun 2003 sebesar 0,87 %, tahun 2004 sebesar 0,65 %, dan tahun 2005 sebesar 0,44 %. Analisis data dan hasil penelitian dalam perspektif proses bisnis internal. Pertama, yield rate tahun 2003 sebesar 84 %, tahun 2004 sebesar 86,25 %, dan tahun 2005 sebesar 89,14 %. Kedua, idle capacity tahun 2003 sebesar 16 %, tahun 2004 sebesar 13,75 %, dan tahun 2005 sebesar 10,85 %. Ketiga, MCE tahun 2003 sebesar 0,68, tahun 2004 sebesar 0,69, dan tahun 2005 sebesar 0,70. Analisis data dan hasil penelitian dalam perspektif belajar dan berkembang. Pertama, employee productivity tahun 2003 sebesar 0,38, tahun 2004 sebesar 0,41, dan tahun 2005 sebesar 0,46. Kedua, employee turn over tahun 2003 sebesar 6,08 %, tahun 2004 sebesar 5,14 %, dan tahun 2005 sebesar 3,75 %. Ketiga, absenteeism tahun 2003 sebesar 8,99 %, tahun 2004 sebesar 8,33 %, dan tahun 2005 sebesar 7,95 %. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran kinerja perusahaan sehat jika ditinjau dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif belajar dan berkembang.. Berdasarkan hasil kesimpulan diatas, penulis dapat memberikan implikasi bahwa PT Paberik Tekstil Kasrie Pandaan diharapkan untuk terus meningkatkan efisiensi operasi perusahaan yakni melalui bauran dan pertumbuhan income (pendapatan), penghematan biaya dan strategi investasi (pemanfaatan aktiva).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 18 Jul 2012 08:55
Last Modified: 18 Jul 2012 08:55
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item