PERANAN KREDIT GADAI PERUM PEGADAIAN CABANG WALIKUKUN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT(Study Pada Perum Pegadaian Cabang Walikukun Kab. Ngawi)

Setiawan, Marwan (2006) PERANAN KREDIT GADAI PERUM PEGADAIAN CABANG WALIKUKUN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT(Study Pada Perum Pegadaian Cabang Walikukun Kab. Ngawi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERANAN_KREDIT_GADAI_PERUM_PEGADAIAN_CABANG_WALIKUKUN_DALAM_MENINGKATKAN_PENDAPATAN_MASYARAKAT%28Study_Pada_Perum_Pegadaian_Cabang_Walikukun_Kab._Ngawi%29.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Peranan Kredit Gadai Perum Pegadaian Cabang Walikukun Dalam meningkatkan Pendapatan Masyarakat Study pada Perum Pegadaian Cabang Walikukun Kabupaten Ngawi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan pendapatan sebelum mendapatkan kredit gadai dan sesudah mendapatkan kredit gadai pada Perum Pegadaian Cabang Walikukun. Dalam penelitian ini penulis mengambil hipotesis yaitu diduga ada perbedaan sebelum dan sesudah mendapatkan kredit gadai dengan menggunakan analisis Uji-Z yaitu tentang perbedaan dua rata-rata, dari tolak ukur ini digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis, yaitu jika Z hitung > Z tabel maka Ho ditolak sedangkan Hi diterima. Hasil perhitungan dengan alat analisis Uji-Z dengan menggunakan tingkat kelayakan a=5% untuk rata-rata pendapatan nasabah sebelum mendapatkan kredit gadai sebesar Rp 626.666.7 per bulan dengan simpangan baku sebesar 139.954.022.989. Sedangkan rata- rata pendapatan nasabah sesudah mendapatkan kredit gadai sebesar Rp 813.333.3 per bulan dengan simpangan baku sebesar 226.022.988.506. Sehingga menghasilkan Z hitung = 0,534 dan Z tabel = 0,208 sehingga ada peningkatan pendapatan. Dari hasil analisis Uji-Z tersebut sesuai dengan tolak ukur yang digunakan maka kredit gadai dapat meningkatkan pendapatan masyarakat atau ada perbedaan antara sebelum dan sesudah mendapatkan kredit gadai. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini terbukti. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya masyarakat mengambil kredit gadai sebagai tambahan modal usaha agar dapat meningkatkan pendapatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 18 Jul 2012 06:20
Last Modified: 18 Jul 2012 06:20
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item