EVALUASI PENGGUNAAN SUPLEMEN MINERAL PADA SAPI PERAH TERHADAP LEMAK SUSU, TOTAL SOLID (TS) DAN SOLID NON FAT (SNF) DI KPSP SETIA KAWAN NONGKOJAJAR PASURUAN

Sholeh, Muhammad (2006) EVALUASI PENGGUNAAN SUPLEMEN MINERAL PADA SAPI PERAH TERHADAP LEMAK SUSU, TOTAL SOLID (TS) DAN SOLID NON FAT (SNF) DI KPSP SETIA KAWAN NONGKOJAJAR PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI_PENGGUNAAN_SUPLEMEN_MINERAL_PADASAPI_PERAH_TERHADAP_LEMAK_SUSU.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kadar lemak susu, total solid (TS), solid non fat (SNF) antara yang telah diberi suplemen mineral dengan sebelum diberi suplemen mineral di KPSP Setia Kawan Nongkojajar Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kandungan lemak susu sebelum menggunakan suplemen mineral adalah sebesar 3.915 %. Sedangkan sesudah menggunakan suplemen mineral adalah sebesar 4.010 %. Rata-rata kandungan Solid Not Fat susu sebelum menggunakan suplemen mineral adalah sebesar 7.787 %, sedangkan sesudah menggunakan suplemen mineral adalah sebesar 7.889 %. Rata-rata kandungan Total Solid susu sebelum menggunakan suplemen mineral adalah sebesar 11.721 % sedangkan sesudah menggunakan suplemen mineral adalah sebesar 11.897 %. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kadar lemak susu, Total Solid (TS) dan Solid Non Fat (SNF) di KPSP Setia Kawan Nongkojajar Pasuruan berbeda sangat nyata antara sebelum diberi suplemen mineral dengan sesudah diberi suplemen mineral. Rata-rata kandungan lemak susu, total Solid (TS) dan Solid Non Fat (SNF) terjadi peningkatan antara sebelum diberi suplemen mineral dengan sesudah diberi suplemen mineral. Saran untuk kedepannya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan membandingkan dengan sulemen mineral lain dan atau dengan komposisi yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Animal Scince
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 18 Jul 2012 05:08
Last Modified: 18 Jul 2012 05:08
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item