PENGARUH STRUKTUR PEMBELANJAAN TERHADAP LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN KERTAS, PLASTIK, LOGAM DAN KIMIA (Studi di Bursa Efek Jakarta 2002-2005)

Kumariah, Suciani (2006) PENGARUH STRUKTUR PEMBELANJAAN TERHADAP LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN KERTAS, PLASTIK, LOGAM DAN KIMIA (Studi di Bursa Efek Jakarta 2002-2005). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
k.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Perusahaan kertas, plastik, logam dan kimia merupakan perusahaan yang berorientasi pada profit dan menjaga tingkat kontinuitas usaha yang bertujuan untuk mempertahankan tingkat kelangsungan hidup perusahaan serta mengembangkan perluasan di masa yang akan datang. Salah satu faktor yang menentukan dalam pencapaian tujuan perusahaan adalah tersedianya modal kerja yang berfungsi untuk membiayai kegiatan sehari-hari perusahaan dalam menjalankan operasinya.dengan demikian akan mengundang investor untuk menginvestasikan dananya, disamping itu Investor mengukur laporan keuangan untuk mengetahui likuiditas dan profitabilitas. Dengan melihat likuiditas dan profitabilitas maka investor mengetahui perusahaan kertas, plastik, logam dan kimia dapat memenuhi kewajiban keuangan pada saat jatuh tempo dan laba perusahaan juga akan diketahui. Berangkat dari hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengungkapnya kedalam bentuk penelitian dengan judul “Pengaruh Struktur Pembelanjaan terhadap likuiditas dan profitabilitas pada perusahaan kertas, plastik, logam, dan kimia yang tercatat di Bursa Efek Jakarta” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Struktur Pembelanjaan terhadap likuiditas dan profitabilitas pada perusahaan kertas, plastik, logam, dan kimia yang tercatat di Bursa Efek Jakarta baik secara parsial ataupun bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah survei dimana data penelitiannya menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan pada sektor industri kertas, plastik, logam dan kimia yang tercatat pada Bursa Efek Jakarta periode 2002-2005. tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini mempergunakan perhitungan struktur pembelanjaan, rasio likuiditas, profitabilitas dan pengujian regresi linier sederhana guna mengetahui ada tidaknya pengaruh Struktur Pembelanjaan terhadap likuiditas dan profitabilitas pada perusahaan kertas, plastik, logam, dan kimia yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa ada pengaruh yang signfikan variabel struktur pembelanjaan terhadap likuiditas, dimana nilai T hitung diperoleh sebesar 8,094 lebih besar daripada nilai T tabel sebesar 2.0003 dengan probabilitas 0.001.Berarti variabel struktur pembelanjaan berpengaruh secara signifikan terhadap likuiditas pada perusahaan kertas, plastik, logam dan kimia yang terdaftar di BEJ pada tahun 2002-2005 dimana nilai taraf signifikansinya berada jauh di bawah nilai taraf signifikansi 0,05 yang artinya bahwa pengaruh variabel bebas tersebut terhadap variabel terikat memang sangat berpengaruh. Ada pengaruh yang signfikan variabel struktur pembelanjaan terhadap profitabilitas, dimana nilai T hitung sebesar 5.837 > 2.003 dengan nilai taraf signifikansi sebesar 0.001. Hal ini disebabkan karena dari modal perusahaan untuk mendapatkan laba perusahaan relatif besar atau tinggi. Maka dapat disimpulkan struktur pembelanjaan dengan profitabilitas berpengaruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:19
Last Modified: 18 Jul 2012 04:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item