PENGARUH INFORMASI KEUANGAN TERHADAP PENGEMBALIAN ABNORMAL PADA SAHAM-SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Sudiantoro, Anang (2006) PENGARUH INFORMASI KEUANGAN TERHADAP PENGEMBALIAN ABNORMAL PADA SAHAM-SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH INFORMASI KEUANGAN TERHADAP PENGEMBALIAN ABNORMAL.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi keuangan yang terdiri atas asset, liability, sales dan net income terhadap pengembalian abnormal pada saham-saham perusahaan manufaktur dan untuk mengetahui dari ke empat variabel tersebut variabel manakah yang memiliki pengaruh paling dominan. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 2 hipotesis, yaitu: asset, liability, sales dan net income berpengaruh terhadap saham perusahaan manufaktur, dan variable asset berpengaruh dominan terhaadap abnormal return saham perusahaan manufaktur. Hasil perhitungan dengan alat analisis regresi linier berganda, dihasilkan persamaan Y = 0,0048 –0,0334X1 + 0,2760X2 + 0,0010X3 + 0,0009 X4 + e. Koefisien determinasi (R2) sebesar 64,20%. F hitung sebesar 4.144 > F tabel sebesar 2,450. T hitung untuk X1 (Asset) sebesar –4.116: X2 (Liability) sebesar 6.600 dan X3 (Sales) sebesar 3.839. X4 (Net income) sebesar 4.058. Dari ketiga variabel tersebut lebih besar dari T tabel sebesar 1.980. Dari hasil analisis regresi linier berganda, Uji F dan Uji T dapat diketahui bahwa semua variabel berpengaruh terhadap abnormal return saham perusahaan manufaktur dan variabel liability memiliki pengaruh paling besar terhadap pengembalian abnormal saham perusahaan manufaktur di BEJ. Hal ini dibuktikan dengan besarnya nilai koefisien regresi jika dibandingkan dengan variabel lainnya. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya investor berinvestasi pada perusahaan yang mempunyai struktur modal baik, artinya memiliki susunan laporan keuangan (laba) dari tahun ke tahun semakin meningkat. Berinvestasi pada perusahaan yang memiliki tingkat liability yang rendah, dengan tingkat liability yang rendah, maka perusahaan dapat meminimalisasi adanya kebangkrutan, karena dalam peenlitian ini tingkat liability merupakan variabel yang paling dominan dalam menentukan perkembangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:03
Last Modified: 18 Jul 2012 04:03
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item