PENENTUAN KOMBINASI JUMLAH PRODUK YANG OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMING (Studi Kasus Pada CV. Perwira – Malang)

Sugiarto, Wawan (2006) PENENTUAN KOMBINASI JUMLAH PRODUK YANG OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMING (Studi Kasus Pada CV. Perwira – Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENENTUAN_KOMBINASI_JUMLAH_PRODUK_YANG_OPTIMAL_DENGAN_MENGGUNAKAN_METODE_LINEAR_PROGRAMING.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

CV. Perwira Malang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi kompor minyak tanah yang memproduksi beberapa jenis kompor yaitu kompor kotak sumbu 20, kompor kotak sumbu 24, kompor bulat sumbu 14 dan kompor bulat sumbu 16. Kendala yang dihadapi perusahaan ini adalah penentuan volume produksi yang kurang cepat, penentuan kombinasi ini bertujuan untuk memberikan output kombinasi produksi yang tepat sesuai dengan kapasitas-kapasitas yang tersedia. Sehingga diharapkan dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Dari masalah tersebut langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan peramalan permintaan untuk tiga periode mendatang dengan bantuan program Minitab. Hasil peramalan permintaan yang digunakan adalah dari metode yang memiliki nilai MAPE terkecil. Langkah berikutnya adalah menyusun formulasi model yang diolah dengan bantuan software QS metode Linear Programming untuk mendapatkan solusi yang optimal. Dari perhitungan data yang telah dilakukan setelah menerapkan metode linear programming total keuntungan perusahaan pada bulan Juli hinggga September 2006 mengalami peningkatan sebesar 8,6 % atau naik sebesar Rp. 6.058.000,-

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 18 Jul 2012 03:58
Last Modified: 18 Jul 2012 03:58
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12336

Actions (login required)

View Item View Item