PENGARUH KONSENTRASI INDOLE BUTIRYC ACID (IBA) TERHADAP VIABILITAS STEK RUAS TUNGGAL VANILI (Vanilla planifolia Andrews)

Kholis, Nur (2006) PENGARUH KONSENTRASI INDOLE BUTIRYC ACID (IBA) TERHADAP VIABILITAS STEK RUAS TUNGGAL VANILI (Vanilla planifolia Andrews). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KONSENTRASI_INDOLE_BUTIRYC_ACID_%28.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Indole Butyric Acid (IBA) terhadap Viabilitas dan pertumbuhan stek ruas tunggal vanili. Hipotesis dari percobaan ini adalah a. Diduga konsentrasi zat pengatur tumbuh Indole Butric Acid (IBA) akan berpengaruh terhadap komponen vegetatif stek vanili. B. Konsentrasi zat pengatur tumbuh Indole Butiryc Acid (IBA) yang diberikan menghasilkan perbedaan laju pertumbuhan terhadap stek vanili. Penelitian ini dilaksanakan mulai September s/d Desember 2004. Adapun tempat pelaksanaan penelitian ini di Desa Sidomulyo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, dengan ketinggian kurang lebih 550 dpl. Penelitian dilakukan dengan mempergunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), percobaan adalah Macam konsentrasi IBA terdiri dari 6 level, dengan 4 ulangan Perlakuan tersebut adalah : Z0 = IBA Konsentrasi 0 ppm, Z1 = IBA Konsentrasi 100 ppm, Z2 = IBA Konsentrasi 200 ppm, Z3 = IBA Konsentrasi 300 ppm, Z4 = IBA Konsentrasi 400 ppm, Z5 = IBA Konsentrasi 500 ppm. Peubah pengamatan adalah : Suhu dan kelembaban lingkungan, Diameter batang tunas, Saat Muncul plumula akar nafas, Pertambahan jumlah daun yang baru muncul, Persentase jumlah tunas hidup, Jumla akar, Panjang Akar, Berat basah dan kering akar, Panjang tunas Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perlakuan konsentrasi IBA pada stek tunggal vanilli berpengaruh nyata terhadap panjang akar, berat basah akar dan berat kering tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap diameter batang, jumlah tunas dan panjang tunas. Pemberian IBA pada konsentrasi 300 ppm mampu menghasilkan berat basah akar terberat, sedangkan pada konsentrasi 200 ppm IBA menghasilkan panjang akar dan berat kering yang tidak berbeda nyata dengan 300 ppm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 18 Jul 2012 02:57
Last Modified: 18 Jul 2012 02:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item View Item