ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DITINJAU DARI PENGUASAAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGPLOSO MALANG

Khasanah, Nofi (2006) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DITINJAU DARI PENGUASAAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGPLOSO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PELAKSANAAN_PENILAIAN_BERBASIS_KELAS_DITINJAU_DARI_PENGUASAAN_KOGNITIF_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_KELAS_VII_SMP_NEGERI_1_KARANGPLOSO_MALANG.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penilaian berbasis kelas (PBK) merupakan salah satu komponen kurikulum 2004 yang dikenal dengan istilah PBK. Dalam pelaksanaan PBK ditemukan berbagai fakta memprihatinkan seperti adanya perbedaan penafsiran ranah penilaian, kendala dalam penerapannya, belum banyak guru yang melakukan analisis PBK dan sebagian guru SMP terutama swasta masih menerapkan sistem penilaian seperti pada kurikulum 1994. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan PBK dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri Karangploso Malang, (2) Kendala apa yang dihadapi guru dalam melaksanakan PBK di kelas VII SMP Negeri I Karangploso Malang, dan Upaya apa yang telah dilakukan guru matematika kelas VII di SMP Negeri Karangploso dalam mengatasi kendala penerapan PBK?. Subyek dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII di SMP Negeri 1 Karangploso. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi pustaka, dan observasi. Penelitian ini dilakukan pada tiga tahap penilaian yang dikembangkan berdasartkan tiga tahapan pembelajaran yang disampaikan oleh Thiagarajan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian Pelaksanaan PBK pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Karangploso menggunakan berbagai bentuk instrumen yaitu tes tertulis, tes lisan, pengamatan, dan portofolio yang digunakan dalam jenis tagihan kuis, pertanyaan lisan, pertanyaan/tes tulis, LKS, tugas individu, ulangan harian, ulangan blok, dan ulangan semester/ ulangan kenaikan. Pelaksanaan PBK pembelajaran matematika di SMP Negeri Karangploso mempunyai tingkat keotentikan yang sangat tinggi baik ditinjau dari validitas, reliabilitas, maupun kesesuaian dengan KBK. Kendala yang ditemui oleh guru dalam pelaksanaan PBK pembelajaran matematika di SMP Negeri Karangploso Kendala yang ditemui oleh guru dalam pelaksanaan PBK pembelajaran matematika di SMP Negeri Karangploso adalahTidak ada data lengkap tentang kemampuan siswa sebelumnya, Kurangnya waktu,kelas tidak dikelompokkan berdasarkan kemampuan, minat, atau bakat siswa; cakupan materi yang terlalu luas; kesulitan menentukan materi yang diujikan berdasarkan keesensialan materi; kebingungan menentukan tujuan penilaian; Pada tahap perancangan berupa kriteria ketuntasan belajar guru terlalu tinggi, kesulitan dalam melakukan penilaian ranah afektif; kesulitan memilih media penilaian yang tepat; Pada tahap pengembangan berupa: (a) Terjadi perbedaan persepsi antar guru dalam MGMPS; (b) Tidak cukup waktu untuk melakukannya; (c) Kekhawatiran tidak tercapainya SKBM yang telah ditentukan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan PBK antara lain membuat analisis hasil ulangan dan menggunakannya, menyusun silabus dan sistem penilaian pada awal semester, menentukan materi esensial berdasarkan hasil ulangan sebelumnya, menentukan tujuan penilaian, menetapkan SKBM sebesar 65, mengaktifkan kegiatan MGMPS satu kali dalam satu bulan; dan Menelaah instrumen penilaia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 18 Jul 2012 02:43
Last Modified: 18 Jul 2012 02:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item View Item