KARAKTERISASI PIGMEN BUNGA GLADIOL (Gladiolus hibridus) DAN STABILITASNYA TERHADAP PEMANASAN (Kajian Warna Bunga dan Keragaman pH Media)

Laili, Wahyudi (2006) KARAKTERISASI PIGMEN BUNGA GLADIOL (Gladiolus hibridus) DAN STABILITASNYA TERHADAP PEMANASAN (Kajian Warna Bunga dan Keragaman pH Media). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KARAKTERISASI_PIGMEN_BUNGA_GLADIOL.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Gladiol merupakan tanaman hias semusim berbentuk herba dan termasuk dalam famili Iridaceae. Kelebihan dari bunga gladiol adalah kesegarannya dapat bertahan lama yaitu sekitar 5-10 hari dapat berbunga sepanjang waktu, dan beragam warnanya. Selama ini bunga gladiol dimanfaatkan hanya sebagai bunga potong saja. Guna meningkatkan nilai ekonomisnya maka peneliti ingin mencoba untuk memanfaatkan sebagai zat pewarna. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: memanfaatkan mahkota bunga gladiol sebagai sumber zat pewarna, mengindentifikasi jenis pigmen bunga gladiol, mengetahui pengaruh keragaman pH terhadap kualitas pigmen bunga gladiol, mengetahui stabilitas suhu dan lama pemanasan. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan acak Lengkap (RAL) disusun secara faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama terdiri dari dua taraf (gladiol merah dan oranye) dan faktor kedua terdiri dari 6 taraf (pH 1,0; 3,0; 4,5; 6,0; 7,5; 90) masing-masing diulang 2 kali. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2005 di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian, Laboratorium Peternakan, Laboatorium Kimia, Laboratorium Bioteknologi Universitas Muhammadiyah Malang dan Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bunga gladiol yang berwarna merah dan oranye mengandung pigmen yang dapat digunakan sebagai zat pewarna. Pigmen bunga gladiol warna merah mengandung pigmen antosianin berjenis pelargonidin, begitu juga warna oranye berjenis pelargonidin glikosida terasilasi.Pigmen bunga gladiol merah memiliki nilai Rf sebesar 16,01, dan 19,62 untuk gladiol oranye. Kadar gula total yang dikandung gladiol merah sebesar 10,105 % dan gladiol oranye kadar gula total sebesar 9,035%. Setelah dilakukan perlakuan keragaman pH dengan warna berbeda ternyata terdapat pengaruh yang sangat nyata. Begitu juga dengan stabilitas pigmen akibat keragaman pH media bahan dengan warna berbeda ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kenampakan warna, intensitas warna (L, a+, b+) dan absorbansinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agrotechnology
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 18 Jul 2012 02:07
Last Modified: 18 Jul 2012 02:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item