PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT PENGONTROL TINGKAT KEASAMAN, KEKERUHAN AIR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI XILINX FPGA PADA SISTEM PENGOLAHAN AIR

KUSWANTORO, MOCH (2006) PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT PENGONTROL TINGKAT KEASAMAN, KEKERUHAN AIR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI XILINX FPGA PADA SISTEM PENGOLAHAN AIR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_DAN_PEMBUATAN_ALAT_PENGONTROL_TINGKAT_KEASAMAN.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Pada proses pengolahan air terdapat beberapa proses yang harus dilakukan salah satunya adalah kekeruhan dan keasaman air dimana untuk saat ini terutama air yang berasal dari sungai untuk kekeruhannya sudah pada tingkat yang sangat tinggi begitu juga untuk keasaman air tersebut. Prinsipnya air baru yang dimasukkan kedalam pengolahan di ukur dengan sensor keasaman dan sensor kekeruhan untuk mengetahui berapa tingkat keasaman dan tingkat kekeruhan air, jika pH air diatas 8 maka akan mengaktifkan kran asam, jika pH dibawah 6 maka akan mengaktifkan kran basa sedangkan untuk kekeruhan air jika keruh maka akan mengaktifkan kran tawas, nilai dari pH dan kekeruhan air akan ditampilkan pada display LCD. Dari hasil pengujian alat ini didapat bahwa untuk nilai penunjukan dari pembacaan sensor pH adalah sesuai dengan nilai pH yang sebenarnya antara asam, normal, atau basa. sedangkan untuk nilai kekeruhan air, tidak dapat menunjukkan nilai dari kekeruhan dengan nilai satuan atau Mg/l melainkan hanya dengan pengindikatoran kalimat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:28
Last Modified: 17 Jul 2012 04:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item View Item