PENGARUH PENAMBAHAN ASAM SITRAT DAN PEKTIN TERHADAP MUTU SELAI BELIMBING DEWI MURNI (AVERHOA CARAMBOLA L.)

KUSUMAWATI, ARIK (2006) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM SITRAT DAN PEKTIN TERHADAP MUTU SELAI BELIMBING DEWI MURNI (AVERHOA CARAMBOLA L.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
INVENTARISASI_PHYLUM_MOLLUSCA_PADA_EKOSISTEM_MANGROVE_DI_PANTAI_LABUHAN_DESA_LABUHAN_KECAMATAN_BRONDONG_KABUPATEN_LAMONGAN.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Selai buah merupakan salah satu produk pangan semi basah yang cukup dikenal dan disukai oleh masyarakat. Penggunaannya semakin luas, baik untuk industri bakery, biscuit, cake, maupun bahan olesan roti. Salah satu bahan yang dapat digunakan dalam memenuhi permintaan konsumen adalah selai belimbing. Bahan yang digunakan adalah buah belimbing dewi murni yang sudah matang. Akan tetapi buah yang sudah matang mengakibatkan aroma dan rasa asam pada buah berkurang dan kandungan pektin akan menurun, maka dari itu perlu adanya penambahan asam sitrat dan pektin. Asam sitrat berfungsi sebagai pemberi rasa asam, pencegah kristalisasi gel, penjernihan gel yang dihasilkan, kekuatan gel yang lebih tinggi, dapat menghambat pencokelatan enzimatis, serta mempertahankan kemanisan. Pektin merupakan bahan pembentukan gel untuk memodifikasi tekstur selai agar dapat diperoleh rasa cicip (mouth feel) yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian asam sitrat dan pektin terhadap mutu selai belimbing dewi murni dan untuk mengetahui pada penambahan berapa asam sitrat dan pektin memberikan pengaruh terbaik terhadap mutu selai belimbing dewi murni. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sungguhkan (True Eksperimental) dan menggunakan rancangan acak lengkap yang disusun secara faktorial dengan 9 kombinasi perlakuan dan 3 kali ulangan. Pada penelitian ini terdapat 2 faktor perlakuan yaitu faktor 1 terdiri dari asam sitrat dengan konsentrasi 0,30%, 0,35%, 0,40%, dan faktor II terdiri dari pektin dengan konsentrasi 0,75%, 1%, 1,25%. Populasi dalam penelitian ini adalah buah belimbing dewi murni di ambil dari supermarket yang ada di Malang, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2700 gram secara Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan anava 2 faktor dan dilanjutkan uji Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung >Ftabel 5% berarti bahwa asam sitrat dan pektin berpengaruh terhadap kadar gula reduksi, vitamin C, kadar air. Sedangkan pada organoleptik menunjukkan Fhitung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:22
Last Modified: 17 Jul 2012 04:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12279

Actions (login required)

View Item View Item