ANALISIS PERTUMBUHAN PENGANGGURAN TERBUKA DAN VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHINYA DI INDONESIA TAHUN 1994-2003

LUGITO, LUGITO (2006) ANALISIS PERTUMBUHAN PENGANGGURAN TERBUKA DAN VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHINYA DI INDONESIA TAHUN 1994-2003. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PERTUMBUHAN_PENGANGGURAN_TERBUKA_DAN_VARIABEL_-VARIABEL_YANG_MEMPENGARUHINYA_DI_INDONESIA_TAHUN_1994_-_2003.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variable yang paling dominant mempengaruhi pertumbuhan pengangguran terbuka di Indonesia yang berpengaruh positif dan berpengaruh negative. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan periode penelitian 1993 2003. analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bahwa pertumbuhan pengangguran terbuka di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa variable. Antara lain Pertumbuhan Angkatan Kerja, Pertumbuhan Kesempatan Kerja, Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Investasi. Pada hasil regresi linear berganda yang peneliti lakukan dengan menggunakan metode interpolasi data, ditemukan bahwa pertumbuhan pengangguran terbuka sangat dipengaruhi oleh empat variable antara lain Pertumbuhan Angkatan Kerja, Pertumbuhan kesempatan Kerja, Pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan investasi. Diantara variabel tersebut terdapat salah satu variabel yang paling dominant berpengaruh positif terhadap pertumbuhan pengangguran terbuka adalah pertumbuhan angkatan kerja dengan koefisien regresi sebesar 19,767% dibandingkan empat variabel yang lain. Sedangkan untuk variabel yang paling dominant yang berpengaruh negatif adalah Pertumbuhan Ekonomi dengan koefisien regresinya sebesar 3,671%. Sedangkan untuk pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah erat. Karena pada hasil perhitungan regresi yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa untuk uji determinasi (R2) sebesar 0,441 atau 44,1% sangat erat pengaruhnya. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain diluar variabel-variabel yang peneliti lakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 17 Jul 2012 03:56
Last Modified: 17 Jul 2012 03:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12266

Actions (login required)

View Item View Item