PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH KENCONG MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL

KURNIAWATI M, SESIDIANA (2006) PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH KENCONG MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN_PEMAHAMAN_PENGURANGAN_BILANGAN_CACAH_UNTUK_SISWA_KELAS_II_SD_MUHAMMADIYAH_KENCONG_MELALUI_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN_KONSEPTUAL.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Pengurangan bilangan cacah merupakan salah satu materi pembelajaran matematika di kelas II SD dan dianggap sulit oleh siswa, sehingga siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan pengurangan bilangan cacah. Pengurangan bilangan cacah dianggap sulit oleh siswa karena siswa tidak memahami konsep pengurangan bilangan cacah. Melalui pendekatan pembelajaran konseptual dengan menerapkan teori belajar Dienes diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pengurangan bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siwa dalam memahami konsep pengurangan bilangan cacah dan mendeskripsikan pendekatan pembelajaran konseptual dengan teori belajar Dienes untuk meningkatkan pemahaman pengurangan bilangan cacah siswa kelas II SD Muhammadiyah Kencong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil observasi, hasil tes awal, hasil tes setiap akhir tindakan dan wawancara, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Muhammadiyah Kencong dan yang menjadi subyek penelitian adalah siswa yang paling banyak melakukan kesalahan yaitu 16 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Maret – 29 Maret 2006. Pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran konseptual dengan menggunakan teori belajar Dienes Dari hasil penelitian ini diperoleh data aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran yang dikategorikan baik karena sudah sesuai dengan rencana pembelajaran. Hasil belajar 16 siswa yang dijadikan subyek penelitian telah mencapai ketuntasan belajar secara individual yaitu tingkat pemahaman 16 siswa yang dijadikan subyek penelitian lebih dari atau sama dengan 75%. Dari hasil wawancara dengan 16 siswa yang dijadikan subyek penelitian diperoleh informasi bahwa siswa tersebut sudah memahami konsep pengurangan bilangan cacah, sehinga tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan pengurangan bilangan cacah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa adalah melihat bilangan yang ditunjukkan angka yang akan dikurangi kurang dari pengurangnya dan siswa belum memahami apa arti meminjam pada waktu melakukan pengurangan. Dengan menerapkan pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran konseptual dengan menggunakan teori belajar Dienes pada pembelajaran pengurangan bilangan cacah dapat meningkatkan pemahaman siswa, hal ini dapat dilihat pada hasil yang diperoleh 16 siswa yang dijadikan subyek penelitian telah mencapai ketuntasan belajar yaitu memperoleh tingkat pemahaman lebih dari atau sama dengan 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 17 Jul 2012 03:43
Last Modified: 17 Jul 2012 03:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12257

Actions (login required)

View Item View Item