PENERAPAN MODEL PENETAPAN HARGA OPSI BINOMIAL TREES DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA INSTRUMEN OPSI (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Tercatat Pada Bursa Efek Jakarta Periode Oktober 2004 – Desember 2005)

LINDAHWATI, LINDAHWATI (2006) PENERAPAN MODEL PENETAPAN HARGA OPSI BINOMIAL TREES DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA INSTRUMEN OPSI (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Tercatat Pada Bursa Efek Jakarta Periode Oktober 2004 – Desember 2005). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_MODEL_PENETAPAN_HARGA_OPSI_BINOMIAL_TREES_DALAM_PENGAMBILAN_KEPUTUSAN_INVESTASI__PADA_INSTRUMEN_OPSI.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian terapan, yaitu penerapan model penetapan harga opsi Two-Step Binomial trees terhadap instrumen opsi saham. Penelitian ini berjudul “Penerapan model penetapan harga opsi Binomial Trees dalam pengambilan keputusan investasi pada instrumen opsi (studi kasus pada perusahaan yang tercatat pada Bursa Efek Jakarta periode Oktober 2004 – Desember 2005)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai opsi selama periode Oktober 2004 – Desember 2005 dalam kondisi overpriced atau underpriced apabila dinilai dengan model Binomial Trees. Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model Two-Step Binomial trees guna menentukan kondisi opsi saham underpriced atau overpriced pada waktu jatuh tempo. Rumus yang digunakan adalah : f t[p2fuu + 2p (1-p) fud + (1-p)2fdd]. = e-2r Dimana f adalah harga wajar dari opsi saham. Hasil perhitungan dengan menggunakan model Binomial Trees mulai periode opsi 1-125 adalah overpriced yaitu harga wajar opsi lebih kecil dibanding dengan harga pasar opsi. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka investor dapat mengambil suatu keputusan investasi yang harus dilakukan apabila opsi saham telah jatuh tempo. Berdasarkan analisis keputusan, seorang investor yang melakukan investasi pada opsi saham adalah mengekskusi opsinya atau melaksanakan haknya bagi pemegang call option, dan bagi pemegang put option tidak mengekskusi opsinya atau tidak melakukan haknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 17 Jul 2012 02:38
Last Modified: 17 Jul 2012 02:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12248

Actions (login required)

View Item View Item