ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT UNTUK MENILAI KEBERHASILAN MANAJEMEN DANA BANK PADA PT. BPR ANUGERAH DHARMAYUWANA (ADY) GENTENG-BANYUWANGI

LESTARI, RINA PUJI (2006) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT UNTUK MENILAI KEBERHASILAN MANAJEMEN DANA BANK PADA PT. BPR ANUGERAH DHARMAYUWANA (ADY) GENTENG-BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_LAPORAN_KEUANGAN_SEBAGAI_SALAH_SATU_ALAT_UNTUK_MENILAI_KEBERHASILAN_MANAJEMEN_DANA_BANK_PADA_PT.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Sebagaimana diketahui fungsi utama lembaga perbankan adalah sebagai financial intermediaris perantara keuangan yang kegiatan usahanya menghimpun dana dari pihak-pihak yang kelebihan dana (sources funds) dan menyalurkannya kepada pihak-pihak yang membutuhkan dana (uses of fund) yang dilandasi atas dasar kepercayaan masyarakat. Perbankan dalam perekonomian Indonesia mendominir sektor keuangan baik dilihat dari segi pemilikan asset, mengumpulkan dana maupun penyalurannya. Dengan demikian perbankan memiliki peranan yang menentukan dan nampak dari dana yang dihimpun dan digunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan, khususnya dari sektor swasta, sebagian besar masih berasal dari sektor perbankan Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara misalnya, sebagai laporan arus kas atau laporan arus dana), catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan. Jelas disini bahwa laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi sekaligus sebagai alat utama untuk mengkomunikasikan informasi akuntansi kepada pihak yang berkepentingan terhadap data keuangan perusahaan. Dengan demikian laporan keuangan merupakan laporan atau informasi yang bersifat historis, sehingga untuk melengkapi analisis proyeksi masa depan, informasi kualitatif dan informasi lainnya juga diperlukan. Untuk memudahkan memahami informasi didalam laporan keuangan tersebut diperlukan suatu analisis terhadap laporan keuangan, karena laporan keuangan lebih ditekankan untuk memenuhi keperluan sebagian pihak sehingga laporan keuangan tersebut bersifat umum. Dengan dianalisanya laporan keuangan yang ada maka akan memberikan informasi yang lebih rinci atas hasil interpretasi mengenai prestasi yang dicapai dari bank tersebut. Analisis laporan keuangan menggunakan analisis rasio yang meliputi rasio likuiditas, rasio permodalan, rasio untuk mengukur rentabilitas, analisis resiko usaha dan analisis efisiensi usaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 17 Jul 2012 02:14
Last Modified: 17 Jul 2012 02:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item