PERENCANAAN PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SEPATU SEPAK BOLA SUPER COPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) (Studi Kasus Pada CV. Cipta Pratama Santoso, Malang)

KUNDALA, FAISOL (2006) PERENCANAAN PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SEPATU SEPAK BOLA SUPER COPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) (Studi Kasus Pada CV. Cipta Pratama Santoso, Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_PENGENDALIAN_KUALITAS_PRODUK_SEPATU_SEPAK_BOLA_SUPER_COPA_DENGAN_MENGGUNAKAN_METODE_STATISTICAL_PROCESS_CONTROL.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

CV. Cipta Pratama Santoso merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yaitu berupa pembuatan produk sepatu sepak bola. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah banyaknya produk cacat sepatu yang dihasilkan. Metode pengendalian kualitas yang digunakan adalah dengan diagram pareto untuk mengetahui faktor penyebab produk cacat yang terbesar yang perlu mendapat penanganan dengan segera agar proses dapat terkendali, diagram sebab akibat untuk mengetahui faktor-faktor penyebab produk cacat yang perlu dikendalikan, peta kontrol X dan R untuk mengetahui rata-rata proses dan pola penyebarannya dan indeks kemampuan proses untuk mengetahui cepat berapa penyebaran total dari produk sepatu yang dibuat. Berdasarkan dari hasil penelitian di CV. Cipta Pratama Santoso diketahui penyebab terjadinya produk cacat disebabkan pada variasi dan kombinasi pembuatanya dan setelah menggunakan peta kontrol X dan R dapat disimpulkan bahwa proses dalam keadaan terkendali, sedang dengan analisa kemampuan proses diketahui proses masih rendah dengan nilai Cp dan Cpk lebih kecil dari satu atau Cp dan Cpk < 1. Sehinga kemampuan proses belum optimal karena prosentase produk cacat yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 17 Jul 2012 01:39
Last Modified: 17 Jul 2012 01:39
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12223

Actions (login required)

View Item View Item