PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIFITAS BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (MODEL STAD) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUMENEP

Sukma Maya Shanty, Corlinita (2006) PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIFITAS BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (MODEL STAD) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUMENEP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN_PRESTASI_DAN_AKTIFITAS_BELAJAR_BIOLOGI_MELALUI_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran tidak seharusnya melihat dari hasil belajar siswa tetapi juga dari aktivitas siswa. Dalam pandangan pembelajaran kooperatif aktivitas pembelajaran siswa mencakup saling ketergantungan positif, interaksi tatap muka, akuntabilitas individu, dan keterampilan menjalin hubungan antarindividu. (Nur, 1995:1). Dalam Kurikulum Berbasis Kelas (KBK) guru dituntut tidak hanya memberikan pengetahuan pada siswa, tetapi siswalah yang harus membangun sendiri pengetahuannya. Kondisi pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Sumenep masih terpusat pada guru sedangkan siswanya kurang aktif. Untuk itu peneliti melakukan PTK yang diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD, Langkah-langkah pembelajaran model STAD adalah (1) presentasi kelas, (2) belajar kelompok, (3) tes individu,dan (4) perkembangan skor individu. PTK ini dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2005/2006. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan prestasi belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif model STAD siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumenep, (2) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif model STAD siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumenep? Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar biologi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumenep pada materi Virus. Hasi PTK ini menunjukkan bahwa ada peningkatan efektivitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa baik pada ranah kognitif maupun afektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 16 Jul 2012 08:26
Last Modified: 16 Jul 2012 08:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item