PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN LAMA WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA DAN KOMPUTASI FKIP UMM

Sulistyarini, Dwi (2006) PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN LAMA WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA DAN KOMPUTASI FKIP UMM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_EMOTIONAL_QUOTIENT.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa dikatakan sukses dalam studi ditujukkan dengan adanya sebuah prestasi belajar atau hasil belajar. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, diantaranya adalah faktor emotional quotient. Penelitian baru bidang psikologi melahirkan suatu istilah Emotional Quotient merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan seseorang. Selain itu, terdapat hal lain yang menjadi masalah sebagian mahasiswa yaitu masalah lama waktu belajar. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk membahas pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan lama waktu belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa matematika dan komputasi FKIP UMM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Emotional Quotient dan lama waktu belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan matematika dan komputasi FKIP UMM. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan matematika dan komputasi FKIP UMM angkatan 2001 dan 2002, yang terdiri dari 25 mahasiswa dan sudah menempuh semua mata kuliah. Data penelitian untuk Emotional Quotient dan lama waktu belajar diperoleh dari angket, data prestasi diperoleh dari dokumentasi Biro Administrasi Akademik (BAA) berupa daftar indeks prestasi komilatif (IPK). Data yang diperoleh menunjukkan bahwa Emotional Quotient dan lama waktu belajar berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa, hal ini terlihat pada tingkat korelasi ganda sebesar 0.845. Angka ini menunjukkan kuatnya hubungan antara emotional quotient dan lama waktu belajar dengan prestasi. Angka tersebut mendekati 1, berarti hubungannya sangat erat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 16 Jul 2012 08:03
Last Modified: 16 Jul 2012 08:03
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12203

Actions (login required)

View Item View Item