PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS DAN TINGKAT PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Pada Perusahaan Plastik Yang Go Public di Bursa Efek Jakarta)

Suprayogi, Risdianto (2006) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS DAN TINGKAT PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Pada Perusahaan Plastik Yang Go Public di Bursa Efek Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_STRUKTUR_AKTIVA.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan pada perusahaan plastik yang go publik di Bursa Efek Jakarta dengan judul Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Tingkat Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal (Pada Perusahaan Plastik Yang Go Public di Bursa Efek Jakarta) . Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk menganalisis struktur aktiva, profitabilitas dan tingkat pertumbuhan penjualan secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal. Kedua menganalisis diantara variabel bebas yaitu struktur aktiva, profitabilitas dan tingkat pertumbuhan penjualan yang mempunyai pengaruh dominan terhadap struktur modal pada perusahaan plastik yang go publik di Bursa Efek Jakarta. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis tujuan pertama adalah dengan menggunakan ANOVA (Uji - F) dan Uji - t sedangkan tujuan kedua dengan menggunakan Uji - t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji - F) struktur aktiva, profitabilitas dan tingkat pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung > F tabel (4.856 > 2.76) dan nilai probabilitas < (0.005 < 0.05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Namun secara parsial (Uji - t) hanya struktur aktiva yang berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, hal ini ditunjukkan dengan angka signifikansi 0.001 yang lebih kecil dari (0.05) atau nilai t hitung (3.432) lebih besar dari t tabel (1.671), sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, hal ini ditunjukkan dengan angka signifikansi 0.576 yang lebih besar dari (0.05) atau nilai t hitung (0.562) lebih kecil dari ttabel (1.671) dan tingkat pertumbuhan penjualan juga tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, hal ini dibuktikan dengan angka signifikansi 0.130 yang lebih besar dari (0.05) atau nilai t hitung (1.538) lebih kecil dari t tabel (1.671). Dari hasil Uji - t dapat diketahui bahwa struktur aktiva yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel struktur modal, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien beta terbesar yaitu 89 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 16 Jul 2012 06:38
Last Modified: 16 Jul 2012 06:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12185

Actions (login required)

View Item View Item