KONTRIBUSI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI TANAMAN RAMBUTAN DIPEKARANGAN (Studi Kasus di Desa Mronjo Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar)

KRISNA WATI, IIS (2006) KONTRIBUSI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI TANAMAN RAMBUTAN DIPEKARANGAN (Studi Kasus di Desa Mronjo Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KONTRIBUSI_DAN_FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_PENDAPATAN_PETANI_TANAMAN_RAMBUTAN_DIPEKARANGAN.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul " Kontribusi Pendapatan Tanaman Rambutan Di Pekarangan Terhadap Total Pendapatan Petani" di Desa Mronjo Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pendapatan petani yang diperoleh dari tanaman rambutan dan kontribusi pendapatan tanaman rambutan terhadap total pendapatan pertania, serta faktor luas lahan, banyaknya pohon, pendapatan petani, jumlah keluarga, kualitas produk, prospek pasar, teknologi dan menambah pendapatan mempengaruhi keputusan petani memilih tanaman rambutan sebagai tanaman pekarangan. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) di Desa Mronjo Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel secara random sampling, yaitu mengambil responden secara acak dari jumlah keseluruhan responden. Metode analisa deskritif dan analisa kontribusi pendapatan. Sedangkan untuk mengetahui faktor-fakor yang berpengaruh terhadap keputusan petani dalam memilih tanaman rambutan sebagai tanaman pekarangan digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, uji F dan uji t. Dari hasil analisis deskritif didapatkan data bahwa pendapatan rata-rata dari tanaman rambutan tiap panennya diatas 1 juta rupiah, sedangkan untuk kontribusi pendapatan didapatkan hasil 71,48 %, hal ini membuktikan bahwa kontribusi pendapatan pada tanaman rambutan lebih dari 50 %. Hasil perhitungan dengan analisis regresi linier berganda yaitu luas lahan, banyaknya pohon, kualitas produk dan prospek pasar, masing-masing koefisien regresinya yaitu, luas lahan sebesar363934, banyaknya pohon sebesar10412, kualitas produk sebesar 6019 dan prospek pasar sebesar 32270. Dari hasil uji F (serentak) diperoleh hasil bahwa keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan petani dalam memilih tanaman rambutan sebagai tanaman pekarangan. Dari hasil thitung untuk ttabel 2,13 dari data tersebut kualitas produk tidak berpengaruh siknifikan, sedangkan luas lahan, jumlah pohon, prospek pasar, berpengaruh siknifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jul 2012 06:30
Last Modified: 16 Jul 2012 06:30
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item