PENGARUH TAYANGAN MUSIK ROCK ALTERNATIF DI JTV TERHADAP GAYA PENAMPILAN REMAJA(Studi Pada Remaja Dusun Donayan, Kel. Semampir Kodya Kediri)

Surya, Canda Adi (2006) PENGARUH TAYANGAN MUSIK ROCK ALTERNATIF DI JTV TERHADAP GAYA PENAMPILAN REMAJA(Studi Pada Remaja Dusun Donayan, Kel. Semampir Kodya Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_TAYANGAN_MUSIK_ROCK_ALTERNATIF_DI_JTV_TERHADAP_GAYA_PENAMPILAN_REMAJA.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Keywords: Musik Rock Alternatif,Gaya Penampilan Remaja Televisi merupakan bagian dari perlengkapan rumah yang kerap kali dicerca namun sering pula dicintai secara berlebihan. Dalam hal ini televisi amat besar pengaruhnya terhadap anak dan komunikasi dalam keluarga. Televisi sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Hadirnya televisi mempunyai dampak yang sangat besar bagi pemirsa, baik positif maupun negatif. Televisi merupakan media informasi yang dapat mempengaruhi sikap, pandangan, persepsi dan perasaan pemirsa. Program acara televisi dikategorikan menjadi tiga, yaitu: acara berita, hiburan (non berita) dan iklan. Tetapi dari ketiga hal tersebut, kategori non berita (hiburan) di televisi porsinya lebih banyak karena pada umumnya pemirsa televisi lebih tertarik menyaksikan televisi dari dari unsur hiburannya dibanding acara berita. Dan salah satu program acara hiburan (non berita) adalah musik yang banyak digandrungi oleh kaum muda khususnya remaja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh frekuensi menonton tayangan musik rock alternatif di JTV terhadap gaya penampilan remaja ? (2) Seberapa besar pengaruh tayangan musik rock alternatif di JTV terhadap gaya penampilan remaja ? Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh tayangan musik rock alternatif di JTV terhadap gaya penampilan remaja. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan musik rock alternatif di JTV terhadap gaya penampilan remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam hal ini meliputi : tipe penelitian, adalah penelitian eksplanasi dengan jenis data kuantitatif. Penelitian eksplanasi adalah untuk menguji hubungan antara variabel yang dihipotesiskan. Sedangkan dasar penelitian ini adalah survei. Dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu (a) angket, yaitu serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pertanyaan yang disediakan dengan beberapa alternatif jawaban (b) observasi, yaitu sebagai pengamatan dan peninjauan dengan sistematis tentang fenomena-fenomena yang diselidiki. Dengan kegiatan yang dilakukan ini untuk mendapatkan data awal yang berkaitan dengan obyek penelitian. Analisa data dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, yaitu digunakan untuk menentukan besarnya variasi yang terjadi pada variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan rumusan masalah, maka penulis memberikan kesimpulan sebagai berikut: (1) Pengaruh frekuensi menonton tayangan musik rock alternatif di JTV terhadap gaya penampilan remaja adalah besar hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian yakni nilai R2 adalah sebesar 0,471 atau 47% kemudian variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini adalah sebesar 63%. (2) Pengaruh tayangan musik rock alternatif di JTV terhadap gaya penampilan remaja adalah sebesar 0,257. Dengan kata lain bahwa gaya penampilan remaja dipengaruhi oleh tayangan musik rock alternatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 16 Jul 2012 06:07
Last Modified: 16 Jul 2012 06:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12171

Actions (login required)

View Item View Item