REAKSI PASAR MODAL INDONESIA ATAS PENGUMUMAN AKUISISI PHILIP MORRIS INTERNATIONAL, Inc TERHADAP PT. H. M.SAMPOERNA, Tbk. (Studi pada perusahaan yang termasuk kategori indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta)

Sutiyono, Iyon (2006) REAKSI PASAR MODAL INDONESIA ATAS PENGUMUMAN AKUISISI PHILIP MORRIS INTERNATIONAL, Inc TERHADAP PT. H. M.SAMPOERNA, Tbk. (Studi pada perusahaan yang termasuk kategori indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
REAKSI_PASAR_MODAL_INDONESIA_ATAS_PENGUMUMAN_AKUISISIPHILIP_MORRIS_INTERNATIONAL.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan event study yang berjudul “Reaksi Pasar Modal Indonesia Atas Pengumuman Akuisisi Philip Morris International, Inc Terhadap PT. H.M. Sampoerna, Tbk (studi pada perusahaan yang termasuk kategori indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat signifikansi rata-rata abnormal return saham di sekitar pengumuman akuisisi Philip Morris International, Inc dan untuk mengetahui apakah terdapat signifikansi perubahan rata-rata abnormal return saham sebelum dan sesudah pengumuman akusisi philip Morris International, Inc. Hipotesis penelitian ini adalah H1: terdapat signifikansi rata-rata abnormal return saham di sekitar pengumuman akusisi Philip Morris International, Inc., dan H2: Terdapat signifikansi perubahan rata-rata abnormal return saham sebelum dan sesudah akuisisi Philip Morris International, Inc. Sedangkan sampel yang dipilih sesuai dengan tujuan karena indeks LQ-45 mengalami kenaikan sehari setelah pengumuman akuisisi Philip Morris International, Inc, sehingga sampelnya adalah perusahaan yang masuk dalam indeks LQ-45, yaitu 45 saham perusahaan yang masuk dalam indeks LQ-45 pada periode 4 Maret sampai dengan 21 Maret 2005. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama adalah dengan menggunakan pengujian beda rata-rata, yaitu uji t dan hipotesis kedua adalah SPSS versi 10 dengan menggunakan pengujian beda dua rata-rata, yaitu uji-t dengan tingkat probabilitas kesalahan 5%, derajat kebebasan (df) =n-1 (5-1= 4). Dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui: pada H1 dengan menggunakan pengujian beda rata-rata, yaitu uji t, diperoleh hasil bahwa dalam 11 hari pengamatan, terdapat perbedaan secara signifikan mengenai rata-rata abnormal return terjadi pada t+4 (= 2.0480), sedangkan 10 hari yang lainnya tidak terdapat perbedaan signifikan mengenai rata-rata abnormal return dan Pengujian hipotesis H2 dengan menggunakan uji beda dua rata-rata, yaitu paried samples t-test diperoleh hasil bahwa t-hitung sebesar -1.767 hasil ini lebih kecil dibanding t-tabel (sebesar 2.726). Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan untuk hipotesis pertama dan kedua adalah secara umum dapat diartikan, bahwa pengumuman akuisisi Philip Morris International, Inc dikarenakan informasi akuisisi sudah diketahui sebelum akuisisi diumumkan, yaitu dengan ditanda tanganinya akuisisi tersebut pada 9 Maret 2005 melalui kesepakatan yang disebut sale and purchase agreement (SPA).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 16 Jul 2012 05:22
Last Modified: 16 Jul 2012 05:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12139

Actions (login required)

View Item View Item