PENANAMAN NILAI AGAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP ASPEK PSIKOMOTORIK DAN AFEKTIF SISWA (Studi Pelaksanaan Shalat Berjamaah dan Baca Tulis Al­Qur’an)

KHAIDIR, ABDULLAH (2006) PENANAMAN NILAI AGAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP ASPEK PSIKOMOTORIK DAN AFEKTIF SISWA (Studi Pelaksanaan Shalat Berjamaah dan Baca Tulis Al­Qur’an). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENANAMAN_NILAI_AGAMA_DAN_PENGARUHNYA_TERHADAPASPEK_PSIKOMOTORIK_DAN_AFEKTIF_SISWA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses yang integratif antara pembinaan kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun kurikulum pendidikan di Indonesia selama ini lebih menekankan pengembangan aspek kognitif. Dengan adanya perubahan kurikulum terbaru yaitu KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi), perkembangan ketiga aspek tersebut diperhatikan secara menyeluruh. SLTP Muhammadiyah 08 Batu sebagai suatu lembaga pendidikan yang berbasis keislaman berusaha mendesain model pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi tersebut, khususnya dalam bidang keagamaan melalui program shalat berjamaah dan baca tulis al­qur’an (BTA). Sehubungan dengan uraian tersebut penulis tertarik untuk mengkaji tentang “penanaman nilai agama dan pengaruhnya terhadap aspek afektif dan psikomotorik. Fokus permasalahan yang dikaji yaitu: 1.Bagaimana pelaksanaan program Shalat Berjamaah dan Baca Tulis Al­Qur’an (BTA) di SMP 08 Muhammadiyah Batu ? 2.Apakah program Shalat Berjamaah dan BTA (Baca Tulis al Qur’an) berpengaruh terhadap peningkatan kesadaran keberagaman siswa ?. 3.Kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1.Metode pelaksanaan Shalat Berjamaah dan Baca Tulis Al­Qur’an (BTA) di SMP 08 Muhammadiyah Batu 2.Seberapa besar pengaruh kegiatan shalat berjamaah dan BTA terhadap kesadaran beragama siswa yang diadakan sekolah SMP 08 Muhammadiyah Batu 3.Kendala­kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang beragam dalam memecahkan masalah penelitian. Metode ini oleh Burgess dikenal dengan “strategi penelitian ganda” Yaitu suatu metode penelitian yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif baik dari segi teori maupun cara memperoleh data penelitian. Sedangkan obyek penelitian ini adalah SLTP Muhammadiyah 08 Batu dengan sampel siswa kelas 3 tahun ajaran 2005 – 2006. untuk pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumenter dan angket. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase, sedangkan data kualitatif dianalisa dengan metode analisa deskriptif. Hasil dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penanaman agama melalui program shalat berjamaah dan baca tulis al­qur’an sangat berpengaruh terhadap perkembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Dari segi kognitif misalnya siswa dapat menyebutkan syarat dan rukun shalat serta hal­hal yang membatalkannya, dari segi afektif contohnya siswa merasa bersalah (berdosa) bila meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja dan dari segi psikomotorik contohnya siswa suka membaca al­qur’an di rumah. Dalam pelaksanaan program shalat berjamaah dan BTA dijumpai beberapa kendala yaitu:1.Keikutsertaan para guru dalam pelaksanaan program tersebut masih kurang. 2.Waktu pelaksanaan BTA kurang efektif, karena dilaksanakan pada siang hari (14:45 – 13:00 WIB) ketika semangat siswa sudah terkuras. 3.Tidak tersedianya sarana ibadah di dalam lingkungan sekolah (mushalla sekolah), sehingga shalat berjamaah dilakukan di masjid yang berada di luar lingkungan sekolah. Hal ini menyebabkan kontrol terhadap keikutsertaan siswa tidak dapat dilakukan secara maksimal. 4.Tidak tersedianya daftar hadir bagi siswa ketika shalat berjamaah, sehingga siswa berpeluang bolos atau tidak mengikuti program shalat berjamaah. 5.Motivasi siswa rendah disebabkan metode pengajaran BTA kurang bervariasi. Pada akhir penulisan skripsi ini dikemukakan beberapa saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak sekolah guna mengembangkan program shalat berjamaah dan baca tulis al­qur’an baik dari segi waktu pelaksanaan, sarana, metode dan agar lebih maju guna menunjang kegiatan–kegiatan keagamaan di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jul 2012 04:38
Last Modified: 16 Jul 2012 04:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12133

Actions (login required)

View Item View Item