“PERENCANAAN PENGADAAN BAHAN BAKU UNTUK PRODUK OBAT-OBATAN GUNA MEMINIMALKAN BIAYA TOTAL PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE MATERIAL RESOURCE PLANNING (MRP II) DENGAN PENDEKATAN LINEAR PROGRAMMING” (Studi Kasus di PT. Schering Plough Indonesia)

KARTIKASARI, INTAN (2006) “PERENCANAAN PENGADAAN BAHAN BAKU UNTUK PRODUK OBAT-OBATAN GUNA MEMINIMALKAN BIAYA TOTAL PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE MATERIAL RESOURCE PLANNING (MRP II) DENGAN PENDEKATAN LINEAR PROGRAMMING” (Studi Kasus di PT. Schering Plough Indonesia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_PENGADAAN_BAHAN_BAKU_UNTUK_PRODUK_OBAT.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

PT. Schering Plough Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di dalam bidang farmasi. PT. Schering Plough Indonesia memproduksi obat-obatan yang dijual berdasarkan resep dokter melalui distributornya seperti Ligenmycin, Eloxin, Prodipsone, Gentasone, dan lain sebagainya. Pada saat ini, PT. Schering Plough Indonesia mempunyai beberapa permasalahan, yaitu banyaknya stock atau persediaan yang tinggi dibandingkan dengan jumlah permintaannya. Hal ini yang menyebabkan biaya persediaan menjadi semakin tinggi. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka salah satu alternatifnya adalah melalui perencanaan bahan baku dengan menggunakan metode Material Resource Planning (MRP II). Material Resource Planning (MRP II) adalah system informasi manufacturing formal dan explicit yang mengintegrasikan fungsi-fungsi utama dalam industri manufactur seperti keuangan, pemasaran, dan produksi. Dari hasil pengolahan data dengan system MRP II, perusahaan bisa menghemat biaya sampai dengan Rp. 51.199.299,31. Dengan penghematan biaya tersebut, perusahaan dapat mengalokasikan ke jenis biaya lainnya tanpa mengurangi kualitas produk itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jul 2012 04:33
Last Modified: 16 Jul 2012 04:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item View Item