AUDIT MUTU INTERNAL PADA DEPARTEMEN PRODUKSI SEBAGAI EVALUASI TERHADAP PENERAPAN SISTEM KEPASTIAN MUTU ATAS ISO 9002 (Studi Kasus Pada PT. Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang)

Syah, Ilham Noerdyan (2006) AUDIT MUTU INTERNAL PADA DEPARTEMEN PRODUKSI SEBAGAI EVALUASI TERHADAP PENERAPAN SISTEM KEPASTIAN MUTU ATAS ISO 9002 (Studi Kasus Pada PT. Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
AUDIT_MUTU_INTERNAL_PADA_DEPARTEMEN_PRODUKSI_SEBAGAI_EVALUASI_TERHADAP_PENERAPAN_SISTEM_KEPASTIAN_MUTU_ATAS_ISO_9002.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini merupakan studi kasus pada PT Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang dengan judul Audit Mutu Internal Pada Departemen Produksi Sebagai Evaluasi Terhadap Penerapan Sistem Kepastian Mutu Atas ISO 9002. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang bersifat diskriptif yang dilakukan dengan membuat diskriptif permasalahan yang diidentifikasi untuk memperoleh gambaran benar tentang sesuatu obyek tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan audit mutu internal pada PT Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang dan untuk mengetahui kontribusi dari audit mutu internal pada PT Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang, sehingga nantinya perusahaan dapat memperoleh sertifikat ISO 9002 kembali. Dalam analisis penelitian ini, penulis mengumpulkan data melalui wawancara dengan pihak perusahaan mengenai pelaksanaan audit mutu internal di PT Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang. Penulis juga mengumpulkan data berupa rekapitulasi laporan ketidaksesuaian sistem jaminan mutu ISO 9002 periode I sampai dengan periode IV, yang dikelompokkan menurut elemen sistem mutu dan kelompok kategori ketidaksesuaian. Menganalisis perbandingan jumlah temuan ketidaksesuaian audit mutu internal serta melihat tindakan perbaikan yang telah dilakukan untuk mengetahui manfaat atau kontribusi dari sistem mutu yang telah diterapkan oleh PT Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang. Pelaksanaan audit mutu internal menghasilkan temuan-temuan ketidaksesuaian terhadap elemen sistem mutunya. Hasil analisis temuan ketidaksesuaian menunjukkan bahwa sistem jaminan mutu PT Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang belum efektif. Adanya temuan tersebut telah ditindaklanjuti dengan melaksanakan tindakan koreksi atau perbaikan sehingga sistem jaminan mutu di sub sistem jaminan mutu atas ISO 9002. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran agar karyawan menaati persyaratan-persyaratan elemen dari standart dan melibatkan di dalam seluruh proses, sehingga penerapan sistem jaminan mutu ISO 9002 sesuai dan berjalan dengan baik, sehingga nantinya PT Industri Sandang Nusantara II Patal Lawang dapat memperoleh sertifikat ISO 9002 kembali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 16 Jul 2012 04:27
Last Modified: 16 Jul 2012 04:27
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item