ANALISA KELAYAKAN RENCANA INVESTASI MESIN PENGGILINGAN IKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFITABILITY INDEX, EXTERNAL RATE OF RETURN, DAN PAYBACK PERIOD GUNA MEMENUHI PERMINTAAN (Studi Kasus di UD. Harun Tuban)

TAMRIN, SULISTIANY (2006) ANALISA KELAYAKAN RENCANA INVESTASI MESIN PENGGILINGAN IKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFITABILITY INDEX, EXTERNAL RATE OF RETURN, DAN PAYBACK PERIOD GUNA MEMENUHI PERMINTAAN (Studi Kasus di UD. Harun Tuban). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_KELAYAKAN_RENCANA_INVESTASI_MESINPENGGILINGAN_IKAN_DENGAN_MENGGUNAKAN_METODEPROFITABILITY_INDEX.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Dari tahun ke tahun jumlah permintaan terasi pada UD. Harun Tuban terus mengalami peningkatan. Persoalan dan masalah yang dihadapi perusahaan adalah bagaimana kapasitas produksi dapat ditingkatkan mengingat volume permintaan semakin meningkat sedangkan mesin, peralatan, dan tenaga kerja yang tersedia sekarang telah bekerja secara maksimal. Salah satu alternatif yang tepat adalah pihak perusahaan berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan jalan menambah jumlah mesin, peralatan, dan tenaga kerja. Untuk menambah jumlah mesin, peralatan, dan tenaga kerja harus dilakukan sejumlah analisis yang salah satunya adalah analisa kelayakan, yang bertujuan untuk mengetahui layak tidaknya penambahan (investasi) mesin dilaksanakan. Salah satu cara dengan menggunakan alat analisis kelayakan yakni Profitability Index (PI), External Rate of Return (ERR), dan Payback Period (PP). Dengan demikian U D. Harun Tuban melakukan analisa kelayakan sehubungan dengan rencana penambahan mesin, peralatan, dan tenaga kerja agar pengeluaran modal yang ketersediaannya terbatas dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan mengadakan survey terhadap aspek pasar dan pemasaran diperoleh hasil peramalan jumlah permintaan untuk lima tahun ke depan menggunakan metode Double Exponential Smoothing. Dari analisa aspek finansial perhitungan Profitability Index (PI) menghasilkan nilai sebesar 29,7257, dengan tingkat bunga External Rate of Return (ERR) yang dicapai yaitu 49% lebih besar dari MARR (49% > 20%) dan Payback Period (PP) yaitu 1 tahun 94 hari lebih kecil dari periode yang ditetapkan (minimal 5 tahun). Maka dari itu analisa di atas dapat disimpulkan bahwa rencana peningkatan kapasitas produksi dengan jalan menambah jumlah mesin, peralatan, dan tenaga kerja pada UD. Harun Tuban layak untuk dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 16 Jul 2012 03:43
Last Modified: 16 Jul 2012 03:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12115

Actions (login required)

View Item View Item