PENERAPAN METODE LINIER GOAL PROGRAMMING DALAM PENGATURAN KOMPOSISI RANSUM SAPI PERAH SEBAGAI UPAYA PENURUNAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus KPSP Setia Kawan Nongkojajar-Pasuruan)

KAMILA, ELI (2006) PENERAPAN METODE LINIER GOAL PROGRAMMING DALAM PENGATURAN KOMPOSISI RANSUM SAPI PERAH SEBAGAI UPAYA PENURUNAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus KPSP Setia Kawan Nongkojajar-Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_METODE_LINIER_GOAL_PROGRAMMINGDALAM_PENGATURAN_KOMPOSISI_RANSUM_SAPI_PERAHSEBAGAI_UPAYA_PENURUNAN_BIAYA_PRODUKSI.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang kerap dihadapi KPSP Setia Kawan Nongkojajar-Pasuruan adalah tingginya biaya produksi pakan. Hal ini disebabkan pengaturan komposisi ransum yang diberikan oleh para peternak masih berpegang teguh pada prinsip tradisional yaitu berat ransum 10 % bobot hidup plus 2% bobot hidup untuk sapi yang sedang laktasi. Secara teori, penelitian ini bertujuan menganalisa secara matematis untuk mengadakan perbaikan pada pengaturan komposisi ransum, dengan menerapkan metode Linier Goal Programming guna menurunkan biaya produksi pakan. Langkah pertama yaitu penghitungan kebutuhan sapi perah akan nutrisi, selanjutnya dilakukan pengembangan model guna menentukan variabel keputusan, variabel kendala dan fungsi tujuan. Masukkan formulasi model Linier Goal Programming ke dalam program Quantitative System (QS) dan akan diperoleh hasil komposisi ransum dari beberapa alternatif yang dibuat. Hasil pengaturan komposisi ransum dengan menggunakan metode Linier Goal Programming pada sapi perah bobot 400 kg dapat memberikan total biaya produksi ransum sebesar Rp. 36.417.870,- perminggu dan penghematan sebesar Rp. 4.360.571,- atau 10,69 %. Sedangkan pada sapi perah bobot 450 kg dapat memberikan total biaya produksi ransum sebesar Rp. 56.897.472,- sehingga dapat meminimasi biaya sebesar Rp 15.464.917,- atau 21,37%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jul 2012 03:46
Last Modified: 16 Jul 2012 03:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item