EVALUASI EFEKTIFITAS UPAYA BANK DALAM MENCEGAH TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (STUDI PADA PT.BANK CENTRAL ASIA Tbk. CABANG UTAMA PAMEKASAN)

Jannah, Anikmatul (2006) EVALUASI EFEKTIFITAS UPAYA BANK DALAM MENCEGAH TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (STUDI PADA PT.BANK CENTRAL ASIA Tbk. CABANG UTAMA PAMEKASAN). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI_EFEKTIFITAS_UPAYA_BANK_DALAM_MENCEGAHTERJADINYA_KREDIT_BERMASALAH.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Utama Pamekasan dengan judul “Evaluasi Efektifitas Upaya Bank Dalam Mencegah Terjadinya Kredit Bermasalah Pada PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Utama Pamekasan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan penyaluran kredit, faktor-faktor yang menyebabkan kredit bermasalah, dan efektifitas upaya yang dilakukan PT. Bank Central Asia Tbk, Cabang Utama Pamekasan dalam mencegah terjadinya kredit bermasalah. Alat analisis yang digunakan untuk menilai perkembangan penyaluran kredit PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Utama Pamekasan adalah dengan menganalisis tingkat kolektibilitas pinjaman yaitu menggunakan rumus NPL (Non Performance Loan). Berdasarkan Standar Bank Indonesia kondisi NPL suatu bank dapat dibedakan menjadi: Paling sehat, jika prosentasenya sebesar 1-3% dari jumlah kredit; Sehat, jika prosentasenya sebesar 4-7% dari jumlah kredit; Tidak sehat, jika prosentasenya sebesar 8-10% dari jumlah kredit. Hasil analisa pada proses perhitungan NPL menunjukkan bahwa kondisi NPL (Non Performance Loan) PT.BCA Tbk. Pamekasan pada tahun 2003-2005 dalam keadaan paling sehat karena sudah memenuhi standar tingkat kesehatan Bank Indonesia (BI), yaitu antara 1-3 % dari jumlah kreditnya. Sedangkan .upaya-upaya yang dilakukan PT.BCA Tbk. Pamekasan untuk mengatasi atau mencegah kredit bermasalah, sudah baik hanya saja kegiatan On The Spot belum efektif dan optimal jika hanya meninjau ulang agunan tanpa memonitor rekening debitur tiap bulannya untuk mengetahui perkembangan arus kas debitur Berdasarkan uraian diatas, penulis menyarankan : Dalam melakukan On The Spot, hendaknya bank juga melakukan pengecekan informasi kepada pihak ketiga untuk memastikan kebenaran informasi yang diberikan calon debitur. Selain itu juga diadakan evaluasi setiap ada permasalahan yang berkaitan dengan tunggakan yang dilakukan oleh nasabah sehingga proses penyaluran kredit dapat berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jul 2012 02:14
Last Modified: 16 Jul 2012 02:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item