EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATERI MATRIKS MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS I SMU BABUSSALAM PAGELARAN MALANG

JUWANITA, JUWANITA (2006) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATERI MATRIKS MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS I SMU BABUSSALAM PAGELARAN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EFEKTIFITAS_PEMBELAJARAN_MATERI_MATRIKS_MENGGUNAKAN_LEMBAR_KERJA_SISWA.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Pendidikan matematika merupakan salah satu unsur utama yang paling pokok dalam pembangunan dan dalam usaha mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan strategi pembelajaran merupakan suatu cara untuk mendorong siswa belajar secara aktif. Strategi belajar siswa aktif yang mampu mendorong keingintahuan untuk mendalami bahan yang sedang dipelajari adalah proses belajar mengajar kreatif. Untuk menciptakan proses belajar yang kreatif khususnya belajar matematika. guru harus memahami dan bisa mengembangkan berbagai media ketrampilan dalam mengajar matematika. Ha1 ini bertujuan agar pembelajaran dapat memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan. Salah satu upayanya adalah dengan penggunaan LKS berstruktur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetes, mengecek atau membuktikan hipotesis. Dalam penelitian ini digunakan satu kelompok subyek. Rancangan pertama adalah mengukur kemampuan awal lalu memberi perlakuan yang berupa pembelajaran dengan menggunakan LKS berstruktur, dan kemudian pada akhir perlakuan diukur kembali untuk memperoleh kemampuan akhir dari subyek yang diteliti sehingga akan terlihat seberapa jauh peningkatan kemampuan siswa memahami konsep matematika dengan menggunakan LKS berstruktur. Metode sampel yang digunakan adalah sampel total atau sama dengan sampel populasi. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas yang dalam hal ini adalah pembelajaran materi matriks menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berstruktur untuk kelas IA dan pembelajaran materi matriks tanpa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berstruktur untuk kelas IB. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bahan pengajaran, pelaksanaan pengajaran dan evaluasi. Teknik pengambilan data dilakukan dua tahap. yaitu tahap pertama, data diambil dari rapor kelas I cawu II, untuk diuji nilai homogenilasnya. Tahap kedua diambil dari nilai-nilai pertemuan akhir yang mana telah dilakukan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran materi matriks dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berstruktur. Setelah dilakukan pengolahan data dan analisa pengujian hipotesis, maka hasil yang didapat adalah sebagai berikut (1) Kedua kelompok data kemampuan awal mempunyai prestasi belajar yang homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 1,207 < 1,66. (2) Kemampuan akhir kelas eksperimen = 0,339 berdistribusi normal karena > 0,05 (3) Kemampuan akhir = 0,234 kelas kontrol dengan nilai > 0,05 maka kemampuan akhir kelas kontrol normal. (4) Siswa yang telah diajar dengan menggunakan LKS berstruktur prestasi belajarnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan LKS berstruktur karena hasil = penghitungan dengan uji T didapatkan nilai nilai thitung = -6,399 dan 0,000. nilai thitung = 6,399 < = 0,000 ttabel = -2,02 dan < = 0,05. Dengan demikian dapat disarankan bagi Mahasiswa Matematika untuk ikut memikirkan bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar matematika sehingga menjadikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jul 2012 02:12
Last Modified: 16 Jul 2012 02:12
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12103

Actions (login required)

View Item View Item