Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam-Jabatan untuk Menempuh Program Praktik Pengalaman Lapangan

Sunaryo, Hari and Zuriah, Nurul and Handayani, Trisakti (2020) Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam-Jabatan untuk Menempuh Program Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1 (1). pp. 29-38. ISSN P-ISSN : 2723-0066 E-ISSN : 2746-2455

[thumbnail of Sunaryo Zuriah Handayani - Kesiapan mahasiswa Kompetensi guru Praktik pengalaman lapangan.pdf]
Preview
Text
Sunaryo Zuriah Handayani - Kesiapan mahasiswa Kompetensi guru Praktik pengalaman lapangan.pdf

Download (888kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Sunaryo Zuriah Handayani - Kesiapan mahasiswa Kompetensi guru Praktik pengalaman lapangan.pdf]
Preview
Text
Similarity - Sunaryo Zuriah Handayani - Kesiapan mahasiswa Kompetensi guru Praktik pengalaman lapangan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualitas sumber daya manusia suatu bangsa berbanding lurus dengan kualitas pendidikannya. Untuk itu, sistem pendidikan yang utamanya berkenaan dengan pendidikan profesi profesi guru menjadi sangat krusial. Dalam konteks ini, pada kondisi mutakhir ini dalam sistem pendidikan di Indonesia digalakkan system yang mengarah pada peningkatan kulaitas guru melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai kesiapan mahasiswa PPG dalam menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), yang meliputi kesiapan terkait dengan kompetensi professional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa PPG memiliki kesiapan dalam menempuh PPL di sekolah mitra. Kesiapan ini menyangkut empat kompetensi dasar yang harus dimiliki guru, yaitu kompetensi professional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Satu hal yang dipandang perlu ditingkatkan adalah kompetensi profesional terkait dengan struktur, konsep, dan prinsip keilmuan sesuai dengan bidang studi.Kesiapan mahasiswa PPG Daljab 2019 dalam menempuh PPL terbangun karena faktor pembelajaran di kampus, pengalaman mengajar di sekolah asal, dan keberterimaan pihak sekolah mitra.

Item Type: Article
Keywords: Kesiapan mahasiswa, Kompetensi guru, Praktik pengalaman lapangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: mufidah91 Ulfatul Mufidah
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:33
Last Modified: 18 Oct 2023 02:33
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item
View Item