KEGIATAN SHALAT SEBAGAI EKSTRA KURIKULER DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MTs NEGERI TUREN

TOHA, WINARTI (2006) KEGIATAN SHALAT SEBAGAI EKSTRA KURIKULER DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MTs NEGERI TUREN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KEGIATAN_SHALAT_SEBAGAI_EKSTRA_KURIKULER_DANPENGARUHNYA_TERHADAP_PERILAKU_KEAGAMAANSISWA_MTs_NEGERI_TUREN.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan juga menjadi salah satu ukuran akan maju mundurnya sebuah negara, karena semakin tinggi tingkat pendidikan penduduk disuatu negara menunjukkan kemajuan negara tersebut. Indikatornya adalah terletak pada pendidikan formal, yang didalamnya siswa dibekali dibekali dengan berbagai macam ilmu pengetahuan. Namun kadang­kadang ada saja sekolah yang hanya mengejar pada kualitas kecerdasannya dengan sedikit mengesampingkan kecerdasan moral dan spiritualnya. Padahal, ketiga kecerdasan tersebut seharusnya berjalan seimbang. Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu bentuk pendidikan formal yang berusaha untuk memberikan pendidikan kepada siswanya secara seimbang baik dari segi IQ, MQ dan SQ. Meskipun demikian banyak juga lembaga pendidikan negeri maupun swasta yang terus berusaha untuk menyeimbangkan ketiga hal diatas. Madrasah Tsanawiyah Turen adalah salah satu contoh sekolah yang mengadakan kegiatan shalat berjamaah duhur disekolah sebagai ekstra kurikuler, dengan harapan siswa dapat melaksanakan shalat dengan baik untuk memberikan contoh dan memotivasi mereka agar dapat melaksanakan shalat ktika berada didalam maupun diluar rumah, karena hal itu merupakan kewajibannya untuk menjadi muslim yang kaffah. Selain itu ada harapan bahwa dengan melaksanakan shalat secara rutin, siswa akan memiliki ahklak yang mulia sebagai buah dari ibadah yang dilaksanakan. Dari uraian diatas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana kegiatan shalat berjamah sebagai ekstra kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri Turen? 2) Bagaimana pengaruh kegiatan shalat berjamaah terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Turen? 3) Adakah faktor lain yang ikut mempengaruhi perilaku keagmaan siswa di Madrasah Tasanawiyah Negeri Turen? Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi kepala sekolah sebagai penanggungjawab pendidikan dan seluruh pendidik yang ada disekolah tersebut sebagai bahan kajian lebih lanjut tentang kegiatan ekstra kurikuler dalam mewujudkan anak didik yang taat dalam menjalankan perintah agamanya, bermoral dan berahklak karimah. Sedangkan bagi peneliti sebagai pengalaman empiris yang nantinya bermanfaat jika telah terjun dalam masyarakat, terutama dalam dunia pendidikan. Populasi penelitian ini adalah guru pendidikan agama tiga orang dan siswa yang berjumlah 651 anak. Bagi populasi siswa, diambil sample kelas IIe yang berjumlah 44 siswa. Kelas IIe ini merupakan gabungan dari kelas A­E pada kelas I, dengan asumsi bahwa sampel ini bisa mewakili seluruh populasi. Pengumpulan data sebagai sumber penelitian ini menggunakan metode observasi, quesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisa data kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase :F P = ________________ X 100 % N Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstra kurikuler disekolah tersebut mempunyai pengaruh yang besar terhadap aktifitas beragama siswa dalam kehidupannya sehari­hari, sehingga perlu diupayakan usaha yang lebih baik lagi untuk meningkatkan kegiatan tersebut, sehingga IQ, MQ dan SQ dapat diwujudkan. Berdasarkan analisa data yang ada, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstra kurikuler tersebut telah berjalan baik, 70.5 % siswa melaksanakan shalat ketika berada dirumah serta mempunyai ahklak yang baik. Tetapi perilaku beragama siswa tersebut juga terpengaruh oleh buku­buku bacaan yang mereka sukai, serta orang­orang terdekat, seperti orang tua, teman dan guru mengaji. Untuk itu penulis berharap agar seluruh komponen yang ada dalam madrasah tersebut, baik pihak sekolah, wali murid serta masyarakat untuk saling memberikan informasi yang positif guna meningkatkan mutu pendidikan di madrasah tersebut, karena siswa adalah calon pemimpin agama, bangsa dan masyarakat dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 14 Jul 2012 06:24
Last Modified: 14 Jul 2012 06:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item