EVALUASI METODE LOT SIZE WAGNER WITHIN, LEAST UNIT COST DAN PART PERIOD ALGORITHM UNTUK MENGURANGI BIAYA PERSEDIAAN AKIBAT EFEK NERVOUSNESS (Studi Kasus di PT. Sekar Laut Tbk. Sidoarjo)

TRI PRASTYAWATI, RISKA (2006) EVALUASI METODE LOT SIZE WAGNER WITHIN, LEAST UNIT COST DAN PART PERIOD ALGORITHM UNTUK MENGURANGI BIAYA PERSEDIAAN AKIBAT EFEK NERVOUSNESS (Studi Kasus di PT. Sekar Laut Tbk. Sidoarjo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EVALUASI_METODE_LOT_SIZE_WAGNER_WITHIN.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

PT. Sekar Laut Tbk adalah perusahaan sebuah industri manufaktur yang bergerak pada bidang industri makanan yang memproduksi berbagai macam jenis krupuk dan saos. Permintaan produk kerupuk serta bahan bakunya yang terjadi berubah - ubah pada setiap periodenya, hal ini memungkinkan terjadinya perbedaan antara permintaan yang diterima dan yang diramalkan oleh departemen pengadaan terhadap permintaan aktual yang terjadi. Kondisi inilah yang disebut nervousness yang mempengaruhi pola persediaan, mengacaukan jadwal produksi, mengganggu sistem pengadaan barang hingga mengubah total biaya persediaan menjadi di luar perkiraan. Dengan kebijakan saat ini yaitu sistem lot pengadaan barangnya adalah lot for lot dengan tetap melakukan pemesanan walaupun perusahaan tidak memiliki kebutuhan bersih. Kebijakan ini mengakibatkan banyaknya bahan baku yang terlalu lama menumpuk sehingga mengakibatkan cacat. Untuk mengatasi, salah satu caranya dengan merencanakan sebaik mungkin sistem lot pengadaan barang yaitu lot sizing wagner within, least unit cost dan part period algorithm, yang sesuai dengan karakteristik permintaan yang selalu berubah- ubah sehingga terbentuk suatu rencana pengadaan barang yang mampu mengatasi nervousness berupa waktu dan jumlah pengadaan barang yang tepat. Penelitian ini melakukan studi tentang dampak menggunakan metode lot sizing terhadap kondisi nervous. Dimulai dengan analisa data historis yaitu demand serta perubahan jadwal produksi oleh perusahaan sesuai dengan perubahan rencana produksi terhadap perencanaannya. Langkah selanjutnya implementasi metode lot sizing wagner within, least unit cost dan part period algorithm, untuk mendapat suatu rancangan pengadaan bahan baku. Hasil penentuan lot sizing dengan menggunakan wagner within, least unit cost dan part period algorithm menghasilkan biaya akibat nervousness sebesar 0 dan total biaya persediaan terpilih adalah teknik lot size last unit cost karena memberikan total biaya persediaan lebih kecil dibandingkan dengan teknik lainnya. Total biaya persediaan nya adalah Rp 110,870,381,200 pada tahun 2003 dan Rp 318,607,374,176 pada tahun 2004

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 14 Jul 2012 05:07
Last Modified: 14 Jul 2012 05:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item