PEMBELAJARAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOTIVASI YANG BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS VII-G SMP NEGERI 1 MOJOKERTO

TRI SULISTIANI, RANI (2006) PEMBELAJARAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOTIVASI YANG BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS VII-G SMP NEGERI 1 MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_PERTIDAKSAMAAN_LINIER_SATU_VARIABEL_DENGAN_MENGGUNAKAN_STRATEGI_MOTIVASI_YANG_BERORIENTASI_PADA_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_DI_KELAS_VII.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran yang selama ini diterapkan kebanyakan berfokus pada guru. Peran siswa dalam setiap pembelajaran hanya sebagai pendengar yang pasif. Dengan adanya masalah tersebut mendorong pihak-pihak terkait mengadakan perubahan agar model-model pembelajaran yang diterapkan di sekolah-sekolah dapat lebih baik. Salah satu model pembelajaran yang telah dikembangkan dan diyakini dapat meningkatkan kinerja siswa adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif adalah tipe Numbered-Head-Together (NHT), tipe ini menantang untuk memberi waktu siswa berfikir lebih banyak, menjawab, dan saling membantu satu sama lain karena pembelajaran dilakukan dengan berkelompok. Dalam pembelajaran peran motivasi sangat penting, maka dalam penelitian ini diterapkan strategi motivasi model ARIAS. Dengan dukungan motivasi yang cukup seperti motivasi model ARIAS, guru dituntut untuk menanamkan rasa percaya diri pada siswa, mengadakan kegiatan yang relevan, membangkitkan minat/perhatian siswa, melakuakan evaluasi dan menumbuhkan rasa dihargai/bangga pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktifitas siswa dan guru, bagaimana keterampilan kooperatif siswa serta bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pertidaksamaan linier satu variabel dengan menggunakan strategi motivasi yang berorientasi pada pembelajaran kooperataif di kelas VII-G SMP Negeri 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan strategi yang dikhususkan pada strategi motivasi model ARIAS dan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head-Together (NHT). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-G yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya bersifat deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes akhir. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, ketrampilan kooperatif siswa dan hasil tes siswa. Dari penelitian ini diperoleh data aktivitas guru selama pembelajaran dikategorikan sangat baik karena sesuai dengan kriteria rentang aktivitas guru, sedangkan data aktivitas siswa selama pembelajaran dikategorikan baik, aktivitas siswa terlihat meningkat pada pertemuan II. Keterampilan kooperatif siswa selama pembelajaran dikategorikan cukup baik, pada keterampilan kooperatif siswa dapat dilihat kemapuan siswa saat bekerja sama dalam kelompok. Kebanyakan siswa lebih suka bertanya pada teman sekelompoknya dari pada bertanya langsung pada guru. Siswa juga kurang dalam menjawab pertanyaan guru. Dari hasil tes akhir ketuntasan individu dicapai oleh 30 siswa dari 40 siswa. Pembelajaran pertidaksamaan linier satu variabel dengan menggunakan strategi motivasi yang berorientasi pada pembelajaran kooperatif ini dapat meningkatkan motivasi siswa, dapat dilihat dari keaktifan dan antusias siswa selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 14 Jul 2012 04:57
Last Modified: 14 Jul 2012 04:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12071

Actions (login required)

View Item View Item