Pengaruh Tayangan MotoMania Di ANTV Terhadap Intensi Memodifikasi Motor(Studi Pada Masyarakat Sekitar Bengkel Modifikasi Di RW 05 Desa KandanganKab. Kediri)

Istiarini, Dian (2006) Pengaruh Tayangan MotoMania Di ANTV Terhadap Intensi Memodifikasi Motor(Studi Pada Masyarakat Sekitar Bengkel Modifikasi Di RW 05 Desa KandanganKab. Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Pengaruh_Tayangan_MotoMania_Di_ANTV_Terhadap_IntensiMemodifikasi_Motor.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan produk dari komunikasi massa. Oleh karena itu televisi dapat menjangkau khalayak yang banyak dan daerah yang luas. Televisi sebagai media komunikasi massa mempunyai kelebihan dibanding dengan media komunikasi massa yang lain yaitu televisi dapat menyampaikan informasi secara lengkap dengan tampilan visual dan disertai suara sekaligus.Sebagai media komunikasi massa, televisi telah mampu menyentuh seluruh kepentingan manusia akan informasi. Televisi sebagai media komunikasi massa mempunyai peran besar dalam mempengaruhi khalayaknya. Begitupun dengan program acara yang disuguhkan yang semakin beragam salah satunya adalah tayangan Motomania di ANTV yang mempunyai format berita tentang informasi modifikasi motor. Didesa Kandangan Kab. Kediri banyak dijumpai pemilik motor modifikasi dan beberapa bengkel modifikasi. Melihat fenomena itulah adakah pengaruh tayangan Motomania di ANTV terhadap masyarakat pecinta otomotif tersebut serta seberapa besar kontribusi dalam mempengaruhi masyarakat tersebut untuk memodifikasi motornya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara tayangan Motomania di ANTV terhadap intensi memodifikasi motor pada masyarakat di Desa Kandangan, serta seberapa besarkan pengaruhnya. Secara teoritis, menurut teori jarum hipodermik (Hypodermic Needle Theory) pesan media berpengaruh terhadap perubahan khalayak, dimana pengaruh atau efek dianggap bersifat segera dan serentak.Khalayak diasumsikan pasif dalam menerima isi pesan dari media. Dalam lingkup penelitian ini media berupa tayangan Motomania di ANTV sebagai variabel x mempengaruhi khalayak untuk melakukan modifikasi motor sebagai variabel y. Pengaruh tayangan Motomania yang kuat terhadap khalayaknya memberikan efek berupa intensi memodifikasi yaitu faktor motivasional yang mempengaruhi perilaku. Fenomena ini menurut kajian teori jarum hipodermik disebabkan media berpengaruh kuat terhadap khalayaknya, pesan yang diarahkan bersifat kuat dan serentak. Khalayak diasumsikan pasif dalam menerima pesan sehingga dengan kuatanya terpaan tayangan Motomania mempunyai pengaruh besar terhadap seseorang untuk melakukan intensi memodifikasi motor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 14 Jul 2012 03:28
Last Modified: 14 Jul 2012 03:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12059

Actions (login required)

View Item View Item