PROFESIONALISME MARCOMM DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN DONATUR Studi pada Departemen Marketing Communication Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya

Ismanto, Kurnia (2006) PROFESIONALISME MARCOMM DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN DONATUR Studi pada Departemen Marketing Communication Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PROFESIONALISME_MARCOMMDALAM_MENJALIN_HUBUNGAN_DENGAN_DONATURStudi_pada_Departemen_Marketing_CommunicationYayasan_Dana_Sosial_Al_Falah_Surabaya.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) adalah salah satu lembaga nirlaba yang terbesar di Indonesia. Ini terbukti dengan dimilikinya lebih dari 150.000 donatur baik yang rutin maupun insidentil. Hal ini justru membuat Marcomm YDSF untuk bersikap profesional di dalam melakukan berbagai macam aktivitasnya terutama dalam menjalin hubungan dengan donatur. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh pemahaman tentang praktik Marcomm YDSF dalam menjalin hubungan dengan donatur dari segi profesionalitasnya. Beberapa konsep yang menjadi acuan dalam penelitian ini berawal dari pemahaman tentang humas mulai dari pengertian sampai dengan macam-macam khalayaknya. Konsep profesionalisme juga menjadi acuan yang dilengkapi dengan berbagai macam indikator antara lain memiliki skill, sikap tanggung jawab, adanya kode etik humas dan etika kehumasan yang dimiliki dalam pribadi seorang humas. Kemudian pemahaman tersebut dikaitkan dengan pengetahuan, dan keahlian yang dimiliki Marcomm YDSF dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam upaya menjalin hubungan dengan donatur. Kemampuan berkomunikasi juga menjadi salah satu faktor utama humas dalam melaksanakan aktivitas-aktivitasnya sehingga konsep komunikasinya mengacu pada model komunikasi James Grunig. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi yang bertujuan untuk memahami hal yang dilihat dan didengarkan untuk menyimpulkan hal yang diketahui orang. Informannya terdiri dari staff Marcomm yang berada di YDSF dan donatur perusahaan dengan cara simple random sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisa data yang digunakan adalah berproses secara induksi, interpretasi dan konseptualisasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa Marcomm dalam melaksanakan aktivitas, dari sisi publikasi Marcomm kurang mampu mengkomunikasikan informasi tentang event yang akan diselenggarakan kepada tim relawan yang menjadi sales representative sehingga partisipasi donatur masih kurang. Dari aktvitas spesial event Marcomm tidak memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi serta timbulnya efek komunikasi yang selalu berdampak negatif pada internal lembaga, sedangkan dari sisi press release dan konferensi pers Marcomm selalu memiliki kemampuan untuk memberikan yang terbaik bagi pers agar hubungan yang terbina tetap terjaga. Salah satu upaya yang dilakukannya adalah memberikan sebuah merchandise dengan harapan agar wartawan selalu berkenan hadir dalam kegiatan yang akan diselenggarakan berikutnya. Kesimpulan dari ketiga aktivitas yang dilakukan, jelas bahwa Marcomm dalam melaksanakan kegiatan lembaga khususnya dalam menjalin hubungan dengan donatur masih kurang profesional. Ini dapat dibandingkan dari ciri-ciri profesionalisme humas diantaranya memiliki tanggaung jawab, kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan mengorganisasikan, keahlian, keterampilan dan integritas yang tinggi. Ketidakmampuan Marcomm dalam melaksanakan tugas-tugas dengan baik menimbulkan dampak yang buruk bagi kegiatan opersional lembaga lainnya. Hal ini juga disebabkan karena minimnya pengetahuan atau wawasan tentang ilmu dasar humas (Public Relations) oleh masing-masing staff humas sehingga keahlian yang dimiliki masih terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 14 Jul 2012 03:16
Last Modified: 14 Jul 2012 03:16
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12056

Actions (login required)

View Item View Item