PENENTUAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME AND MATERIAL PRICING (STUDI KASUS PADA BENGKEL MOBIL “DWI KARYA” PURWODADI-PASURUAN)

Indrawati, Heni (2006) PENENTUAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN JASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME AND MATERIAL PRICING (STUDI KASUS PADA BENGKEL MOBIL “DWI KARYA” PURWODADI-PASURUAN). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
n.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus pada perusahaan jasa bengkel mobil “Dwi Karya” Purwodadi-Pasuruan dengan judul “Penentuan Harga Jual Pada Perusahaan Jasa Dengan Menggunakaan Metode Time And Material Pricing (studi kasus pada bengkel mobil “Dwi Karya” Purwodadi-Pasuruan ). Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan harga jual servis tune up dengan menggunakan metode time and material pricing pada bengkel mobil “Dwi Karya”. Variabel dalam penelitian ini adalah harga jual dan metode time and material pricing. Teknik analisa data yang digunakan untuk menentukan harga jual servis tune up pada bengkel mobil “Dwi Karya” dengan menggunakan rumus penentuan harga jual waktu (time pricing) serta rumus menentukan harga jual bahan dan suku cadang (material pricing) kemudian harga jual waktu dan harga jual bahan serta suku cadang ditambahkan sehingga diperoleh harga jual waktu dan bahan serta suku cadang. Hasil perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan metode time and matrial pricing untuk servis tune up 485.200. berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa selama ini bengkel mobil “Dwi Karya” Purwodadi-Pasuruan dalam menentukan harga jual produk dan jasa servisnya belum tepat, karena antara harga jual yang berlaku pada bengkel mobil “Dwi Karya” Purwodadi-Pasuruan terdapat perbedaan dengan harga jual yang menggunakan metode time and material pricing. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan bahwa pada perusahaan sebaiknya bengkel mobil “Dwi Karya” Purwodadi-Pasuruan dalam menentukan harga jual servis tune up menggunakan metode time and material pricing sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga servis tune upnya untuk mendapatkan laba yang lebih besar dan mampu bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak dibidang sejenis. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan peneliti selanjutnya khususnya dalam menentukan harga jual dengan menggunakan metode yang sama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 14 Jul 2012 02:26
Last Modified: 14 Jul 2012 02:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item