PENGARUH SUBSTITUSI DAGING AYAM DENGAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus floridae) TERHADAP KANDUNGAN GIZI DAN ORGAN OLEPTIK CHICKEN NUGGETS

TRISILA DEWI, VIANA (2006) PENGARUH SUBSTITUSI DAGING AYAM DENGAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus floridae) TERHADAP KANDUNGAN GIZI DAN ORGAN OLEPTIK CHICKEN NUGGETS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_SUBSTITUSI_DAGING_AYAM_DENGAN_JAMUR_TIRAM_PUTIH.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Nuggets merupakan salah satu produk olahan makanan setengah jadi yang terbuat dari gilingan daging ayam dengan campuran bumbu-bumbu. Nuggets termasuk salah satu produk olahan daging dengan memanfaatkan daging kualitas rendah atau memanfaatkan potongan daging yang relatif kecil dan tidak beraturan, kemudian dilekatkan kembali menjadi ukuran yang lebih besar atau disebut juga dengan produk restructured meat. Daging yang banyak digunakan adalah daging ayam broiler. Nuggets yang terbuat dari daging ayam sangat digemari oleh masyarakat. Untuk mendapatkan nuggets dengan kandungan gizi yang tinggi dapat digunakan jamur tiram putih (Pleurotus floridae)sebagai bahan substitusi, karena jamur merupakan makanan sumber protein tinggi, dikenal masyarakat dan mudah didapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh substitusi jamur tiram putih (Pleurotus floridae) terhadap kandungan gizi dan organoleptik nuggets, sehingga dapat diketahui perlakuan substitusi jamur tiram putih (Pleurotus floridae) yang paling baik. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia Universitas Muhammmadiyah Malang mulai tanggal 29 September sampai dengan 13 Oktober 2005. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 5 kali ulangan. Pada penelitian ini daging ayam disubstitusi dengan jamur tiram putih sebanyak 0%, 25%, 50%, 75% dan 100%. Nuggets substitusi dianalisa kadar karbohidrat, kadar lemak, kadar protein, kadar air dan organoleptik (rasa, warna, aroma dan tekstur). Untuk analisa kimia digunakan uji asumsi (normalitas dan homogenitas), dilanjutkan dengan uji Anava satu jalur dan dilanjutkan ke uji Duncan’s sdangkan untuk uji organoleptik digunakan analisa Kruskal Wallis. Hasil penelitian terbaik didapatkan dari perlakuan P2 (substitusi daging ayam 75%, jamur tiram putih 25%) dengan kadar karbohidrat 18,49 gr, kadar lemak 2,46 gr, kadar protein 22,98, kadar air 45,05. Parameter organoleptik didapat rangking kesukaan rasa 3,44, warna 3,44, aroma 3,04 dan tekstur 3,6. Pada pembuatan chicken nuggets sebaiknya ditambahkan jamur tiram putih sebanyak 25% dari berat daging ayam untuk mendapatkan chicken nuggets yang baik. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap penyimpanan nuggets baik dengan menggunakan pengemas atau tanpa pengemas karena nuggets biasanya dijual sebagai produk semi padat, maka daya tahan nuggets harus diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 09:56
Last Modified: 13 Jul 2012 09:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12025

Actions (login required)

View Item View Item