REDESAIN PINTU DENGAN SISTEM PNEMATIK PADA BUS

TRIYANTO, DIDIK (2006) REDESAIN PINTU DENGAN SISTEM PNEMATIK PADA BUS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
REDESAIN_PINTU_DENGAN_SISTEMPNEMATIK_PADA_BUS.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Dengan menggunakan sistem udara kempaan, kerja dari sistem pnematik masih belum optimal karena udara kempaan disimpan menjadi satu dengan udara kempaan untuk memasok rem dalam sebuah tabung yang sama. Sedangkan udara kempaan untuk rem rentan sekali mengalami kebocoran, dikarenakan seal yang terdapat pada house brake tidak kuat mendapat tekanan berlebih atau sering disebut rem nyeplos, dari sini dikhawatirkan udara kempaan mengalami kebocoran maka udara kempaan tidak cukup untuk memasok pintu pnematik, sehingga kerja dari pintu pnematik tidak berfungsi dengan baik. Perencanaan alat pnematik ini harus diketahui berapa besar konsumsi udara yang dibutuhkan untuk menggerakkan lengan batang penggerak daun pintu, karena itu perlu diketahui perhitungan massa pintu dan panjang langkah piston pada tabung pnematik. Selanjutnya dapat dihitung besarnya konsumsi udara yang diperlukan untuk kerja sistem pnematik. Jumlah konsumsi udara yang dibutuhkan untuk menggerakkan pintu pnematik 10 kali gerak (maju -mundur) dengan beban kerja 417 N = 27,4 liter dengan tekanan pada penampung udara = 5,17 bar. Penampung udara dengan ukuran : diameter luar (Do) = 241,8 mm; diameter dalam (Di) = 225 mm; panjang tabung silinder = 700 mm; dan tutup penampung silinder = 8 mm. Dapat menampung udara 27,8 liter cukup untuk konsumsi 10 kali gerak maju - mundur batang piston.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 09:43
Last Modified: 13 Jul 2012 09:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item