UPAYA PUSKESMAS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA PADA MASYARAKAT (Studi Di Puskesmas Pragaan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep)

Taufikurrahman, Subheh (2006) UPAYA PUSKESMAS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA PADA MASYARAKAT (Studi Di Puskesmas Pragaan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_PUSKESMAS_DALAM_MEMBERIKAN_PELAYANAN_PRIMA_PADA_MASYARAKAT.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Puskesmas sebagai sarana yang pertama bagi masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan, tentulah harus digalakkan pada jaman sekarang ini, mengingat Puskesmas adalah tempat yang pertama bersentuhan langsung dengan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan sebelum rumah sakit. Meskipun Puskesmas sebagian besar menangani masalah penyakit ringan, tetapi dalam memberikan pelayanan dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik (prima). Sesuai dengan latar belakang tersebut maka pokok permasalahan adalah bagaiman upaya Puskesmas dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Sedangkan tujuan dari penulis hanya ingin mengetahui bagaimana Upaya Puskesmas Pragaan kecamatan Pragaan kabupaten sumenep dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Jenis atau tipe penelitian adalah deskriptif, sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif. Selanjutnya metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun sampelnya adalah unsur-unsur pimpinan Puskesmas Pragaan yang mengetahui kebijakan teknis pelayanan prima yaitu Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha, Koordinator Kesehatan Keluarga, Koordinator Pelayanan Kesehatan, Koordinator pelayanan Kesehatan Masyarakat dan koordinator Farmasi. Dari analisa data yang diperoleh bahwasannya para pimpinan puskesmas Pragaan dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sudah melaksanakannya sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.828/MENKES/VII/1999 tentang pelaksanaan Pelayanan Prima Bidang Kesehatan yaitu adanya kejelasan dan kepastian pelayanan, pemeberian biaya pelayanan yang ekonomis, penyelesaian pelayanan dengan tepat waktu, memberikan pelayanan berdasarkan keadilan yang merata,memberikan pelayanan dengan sikap ramah dan sopan serta adanya keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.Upaya lain yang dilakukan oleh para pimpinan Puskesmas Pragaan dalam upaya memberika pelayanan prima kepada masyarakat adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia yang dimiliki dengan cara memberikan keadilan kesejahteraan bagi para pegawai puskesmas, dan kesempatan penyuluhan/pembinaan serta memberikan pengetahuan tentang mutu pelayanan kepada para pegawai puskesmas Pragaan. Peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh puskesmas Pragaan juga ditingkatkan yaitu dengan menambah peralatan medis dan ruang pelayanan kesehatan serta penambahan jumlah perawat, agar upaya untuk memberikan pelayanan yang prima bisa cepat terwujud. Karena meskipun Sumber Daya Manusia yang dimiliki baik tetapi Peralatan dan perlengkapan yang dimiliki kurang maka akan menghambat pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya pelayanan yang terbaik (prima). Kesimpulan dari peneltian ini bahwasannya upaya puskesmas untuk membrikan pelayanan prima pada masyarakat sudah dilakukan. Tetapi upaya tersebut ada hambatan yaitu kurangnya tenaga medis, belum maksimalnya pemanfaatan sarana serta dekatnya puskesmas Pragaan dengan rumah sakit terkenal dimadura. Pihak pimpinan puskesmas harus lebih mengintefsifkan peranan pihak puskesmas pembantu (pustu) dan puskesmas keliling (Pusling) serta lebih mengintensifkan keikutsertaan para aparat medis pada seminar-seminar tentang penanganan suatu penyakit baik itu berat maupun ringan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 07:46
Last Modified: 13 Jul 2012 07:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12008

Actions (login required)

View Item View Item