PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT PENDETEKSI KADAR POLUSI UDARA (CO) DI LINGKUNGAN KAMPUS UMM BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51

Taufiqurrahman, Taufiqurrahman (2006) PERENCANAAN DAN PEMBUATAN ALAT PENDETEKSI KADAR POLUSI UDARA (CO) DI LINGKUNGAN KAMPUS UMM BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_DAN_PEMBUATAN_ALAT_PENDETEKSI.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Pencemaran udara yang diakibatkan oleh polusi sisa pembakaran kendaraan bermotor di Indonesia dari tahun ketahun memperlihatkan kecenderungan meningkat, tetapi upaya pencegahan dari pihak pemerintah selama ini dinilai berbagai kalangan masih amat kurang. Berbeda dengan standar polusi yang ditetapkan oleh berbagai negara maju seperti uni Eropa ,jepang, dan AS. Tugas ini bertujuan unutk mengukur kadar gas karbon monoksida (CO) yang ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor yang ada dilingkungan kampus UMM. Sehingga bias diketahui kadar dampak bahaya yang ditimbulkan akibat polusi udara tersebut. Dalam skripsi ini sensor yang digunakan adalah sensor jenis TGS 2442 keluaran dari Figaro dimana sensor ini dapat mengubah inputan yang berupa konsentrasi gas yang tidak berwarna dan tidak berbau menjadi outputan tegangan ,sehingga sinyal keluaran yang diberi penguat dapat diterima oleh ADC 0804 untuk selanjutnya dikontrol sehingga dapat ditampilkan ke LCD da ISD 1420 sebagai output audionya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 07:38
Last Modified: 13 Jul 2012 07:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12006

Actions (login required)

View Item View Item