PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KULIT LIDAH BUAYA (Aloe vera) TERHADAP EFISIENSI PAKAN DAN INCOME OVER FEED COST (IOFC) PADA AYAM PEDAGING PERIODE FINISHER

LEKSMONO, ADI (2006) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KULIT LIDAH BUAYA (Aloe vera) TERHADAP EFISIENSI PAKAN DAN INCOME OVER FEED COST (IOFC) PADA AYAM PEDAGING PERIODE FINISHER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PEMBERIAN_TEPUNG_KULIT_LIDAH_BUAYA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kandang Experimental Farm, Fakultas Peternakan-Perikanan, Universitas Muhammadiyah Malang. Pada Bulan Januari sampai dengan Februari 2006. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan berbagai level pemberian tepung kulit lidah buaya (Aloe vera) terhadap efisiensi pakan dan Income Over Feed Cost (IOFC) pada ayam pedaging. Materi yang digunakan adalah ayam broiler pada umur 22 hari sampai 38 hari sebanyak 80 ekor dari P.T. Charoen Pokphand Indonesia dengan Strain CP 707 dan setiap flok diisi 4 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan yaitu tepung kulit lidah buaya (Aloe vera) dengan jenis Aloe Chinensis Baker sebanyak 0 persen; 1,5 persen; 3,5 persen; dan 4,5 persen. Hasil selama penelitian menunjukkan bahwa rata-rata efisiensi pakan tertinggi pada P1 (perlakuan dengan pemberian tepung kulit lidah buaya sebesar 1,5 persen) yaitu 45,87 persen. Sedangkan, rata-rata Income Over Feed Cost (IOFC) tertinggi didapatkan pada P1 yaitu Rp.1563,75,-. Hasil analisis variansi menunjukkan bahwa perbedaan pemberian tepung kulit lidah buaya (Aloe vera) berpengaruh sangat nyata terhadap efisiensi pakan dan Income Over Feed Cost (IOFC) pada ayam pedaging. Pada uji polinomial orthogonal didapatkan garis regresi linier. Sehingga dapat disimpulkan bahwa level pemberian tepung kulit lidah buaya di atas 1,5 persen akan menurunkan nilai efisiensi pakan dan Income Over Feed Cost (IOFC).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Animal Scince
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 13 Jul 2012 05:56
Last Modified: 13 Jul 2012 05:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11992

Actions (login required)

View Item View Item