ANALISIS PORTOFOLIO MODEL INDEKS GANDA SEBAGAI ALAT PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DALAM SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

LAPASA, RELLY (2006) ANALISIS PORTOFOLIO MODEL INDEKS GANDA SEBAGAI ALAT PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DALAM SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PORTOFOLIO_MODEL_INDEKS_GANDA_SEBAGAI_ALAT_PENGAMBILAN_KEPUTUSAN_INVESTASI_SAHAM_PADA_PERUSAHAAN_YANG_TERCATAT_DALAM_SAHAM_JAKARTA_ISLAMIC_INDEX.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersifat eksploratif pada saham JII yang tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEJ) selama periode Januari 2003 sampai dengan Desember 2005 dengan judul “Analisis Portofolio Model Indeks Ganda Sebagai Alat Pengambilan Keputusan Investasi Saham Pada Perusahaan Yang Tergolong Dalam Saham Jakarta Islamic Index (JII)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saham-saham yang dapat dibentuk ke dalam portofolio optimal dan untuk mengetahui tingkat pengembalian dan risiko portofolio dari saham yang terbentuk, dari saham-saham yang diteliti selama Januari 2003 sampai dengan Desember 2005 khususnya saham yang tergolong dalam indeks JII. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penentuan portofolio optimal model indeks ganda guna menentukan saham-saham mana saja yang termasuk dalam portofolio optimal. Rumus yang digunakan adalah ERBi = , Ci = adapun E(Ri) adalah tingkat pengembalian saham individual, Rbr adalah pengembalian i adalah risiko sistematis, dan Ci adalah cut of rate. risiko, Hasil perhitungan dengan menggunakan model indeks ganda maka dapat diketahui bahawa ada 2 saham yang termasuk dalam portofolio optimal, dari 2 saham yang termasuk dalam portofolio optimal dapat diketahui tingkat pengembalian saham INDF sebesar 51644.5258, dan GJTL sebesar 205.402945 dengan tingkat risiko INDF sebesar 71019795.64, dan GJTL sebesar 12685253.63. Berdasarkan hasil analisis di atas maka investor dapat mengambil suatu keputusan investasi di pasar saham dengan memilih saham-saham yang tergolong dalam indeks JII dan yang termasuk dalam portofolio optimal, karena akan diyakini akan memberikan tingkat pengembalian yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 13 Jul 2012 03:26
Last Modified: 13 Jul 2012 03:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item