PENGARUH PERENDAMAN DALAM BERBAGAI KONSENTRASI NaCl TERHADAP TOTAL ASAM, KADAR AIR DAN ORGAN OLEPTIK KERIPIK NANAS (Ananas comosus L. Merr)

ISTIQOMAH, NURUL (2006) PENGARUH PERENDAMAN DALAM BERBAGAI KONSENTRASI NaCl TERHADAP TOTAL ASAM, KADAR AIR DAN ORGAN OLEPTIK KERIPIK NANAS (Ananas comosus L. Merr). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PERENDAMAN_DALAM_BERBAGAI_KONSENTRASI_NaCl_TERHADAP_TOTAL_ASAM.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Buah nanas (Ananas comosus L. Merr) merupakan buah-buahan tropis yang memiliki flavour yang khas dan banyak mengandung sari buah. Pada saat buah nanas mengalami pematangan kadar airnya semakin meningkat, hal ini akan menyebabkan buah menjadi incaran Mikroorganisme pembusuk. Untuk mengatasi produk buah nanas pada saat panen raya dan menjaga agar nilai ekonomisnya tidak menurun, perlu adanya usaha pengolahan buah nanas. Pengolahan buah nanas menjadi keripik merupakan salah satu alternatif dalam rangka memperpanjang daya simpan buah nanas dan meningkatkan nilai ekonomisnya. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi mengenai tingkat kesukaan terhadap produk keripik nanas merk “Caprina” diperoleh data bahwa 10% dari penelis tidak menyukai dan 70% kurang suka produk keripik nanas yang disebabkan karena rasanya yang asam dan 20% menyukai rasanya yang asam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman dalam larutan NaCl terhadap kualitas keripik nanas dan mengetahui konsentrasi NaCl yang menghasilkan produk keripik nanas yang mempunyai kualitas terbaik Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap dengan berbagai konsentrasi NaCl (0%, 1%, 2%, 3%., 4%, dan 5%) dengan 4 kali ulangan. Kualitas keripik nanas yang diukur dalam penelitian ini meliputi: total asam, kadar air dan uji organoleptik (bau, raasa, warna dan tekstur). Analisia data yang digunakan adalah uji anava 1 arah, uji Duncan’s dan Kruskall wallis untuk uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh perendaman larutan NaCl terhadap kualitas keripik nanas. Dari data yang dihasilkan kualitas yang paling baik adalah pada perlakuan perendaman larutan NaCl pada konsentrasi 5% dengan karakteristik, total asam 0.00145 mg Eq/g, dan kadar air 1.81%. Begitu pula pada uji organoleptik, kualitas terbaik diperoleh pada konsentrasi 5% dengan karakteristik yaitu skor rata-rata kesukaan panelis terhadap bau mencapai 4.48, skor rata-rata kesukaan panelis terhadap warna 4.63 dan skor rata-rata kesukaan panelis terhadap tekstur mancapai 4.79% Akan tetapi berbeda pada tingkat kesukaan panelis terhadap rasa keripik nanas rerata tertinggi diperoleh pada perlakuan konsentrasi 4% , skor rata-rata kesukaan panelis terhadap rasa mencapai 4.45.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 13 Jul 2012 03:33
Last Modified: 13 Jul 2012 03:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11969

Actions (login required)

View Item View Item