MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA PELAJARAN MATEMATIKA SLTP (Studi siswa kelas II MTs. Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan)

ISMAWATI, ISMAWATI (2006) MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA PELAJARAN MATEMATIKA SLTP (Studi siswa kelas II MTs. Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MODEL_PEMBELAJARAN_GENERATIF_PADA_PELAJARAN_MATEMATIKA_SLTP.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Melalui filosofi Konstruktifisme muncul suatu model pembelajaran yang disebut dengan model pembelajaran generatif yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengkostruksi informasi, sebab untuk memperoleh suatu konsep atau pengetahuan dan menyimpannya adalah sangat berkaitan dengan bagaimana menginterpretasikan dan mentransformasikan pengetahuan atau konsep tersebut. Diharapkan dengan menerapkan model pembelajaran ini siswa akan semangat untuk mengikuti pelajaran karena dalam hal ini peran aktif siswa sangat diutamakan, sehingga hasil belajarnya pun akan semakin baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu ingin memaparkan bagaimana proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif pada siswa kelas II MTs Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan, dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Tujuan diterapkannya model pembelajaran generatif adalah untuk mengetahui bagaimana proses belajar mengajar di kelas dengan menggunakan model pembelajaran generatif dan bagaimana hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini maka digunakan lembar observasi yaitu untuk mengetehui sejauhmana fase – fase dalam pembelajaran generatif diterapkan dikelas, dan alat tes untuk mengetahui hasil belajar siswa selama pembelajaran generatif. Sedangkan cara analisisnya yaitu dengan menyususn data, melakukan pengelompokan dan mengklasifikasikannya. Dari lembar obeservasi diperoleh keterangan bahwa ternyata lebih dari 50% fase – fase dalam pembelajaran generatif diterapkan dikelas. Pada awal pembelajaran siswa belum terbiasa dengan pembelajaran generatif tetapi pada pertemuan – pertemuan berikutnya siswa sudah mengerti dan mengikuti setiap fase pembelajaran. Dan dari hasil tes diperoleh keterangan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran generatif adalah termasuk dalam kategori sedang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 13 Jul 2012 02:22
Last Modified: 13 Jul 2012 02:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11962

Actions (login required)

View Item View Item